BNPB: Sebanyak 13 Warga Meninggal Dunia Akibat Erupsi Gunung Semeru

- Minggu, 5 Desember 2021 | 10:20 WIB
Erupsi gunung semeru. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/pras)
Erupsi gunung semeru. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/pras)

Sebanyak 13 orang dilaporkan meninggal dunia akibat erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021). Data ini dihimpun hingga pukul 09.20 WIB.

Dari data yang diterima Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto, yang saat ini sedang meninjau langsung warga terdampak di Lumajang, terdapat 13 orang yang dilaporkan meninggal dunia akibat peristiwa tersebut. Adapun yang baru teridentifikasi dua orang berasal dari Curah Kobokan dan Kubuan, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Baca juga: Erupsi Gunung Semeru , Pimpinan DPR Minta Pemerintah Gerak Cepat Bantu Masyarakat

Selain itu, sebanyak 41 orang mengalami luka-luka, khususnya luka bakar. Seluruhnya telah mendapatkan penanganan awal di Puskesmas Penanggal, dan dirujuk menuju RSUD Haryoto dan RS Bhayangkara.

Sementara itu, warga luka lainnya ditangani di beberapa fasilitas kesehatan. Sebanyak 40 orang dirawat di Puskesmas Pasirian, 7 orang di Puskesmas Candipuro, serta 10 orang lain di Puskesmas Penanggal, di antaranya terdapat dua orang ibu hamil.

Tim gabungan juga berhasil melakukan evakuasi warga yang tadi malam dilaporkan Wakil Bupati Lumajang terjebak di kantor pemilik tambang. Saat ini para warga telah ditempatkan di Pos Curah Kobokan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X