Tiga Akun Resmi Media Sosial Universitas Jember Diretas Sekaligus

- Selasa, 20 April 2021 | 02:38 WIB
Tampilan akun media sosial Instagram Unej yang diretas oleh orang tidak dikenal. ANTARA/Zumrotun Solichah
Tampilan akun media sosial Instagram Unej yang diretas oleh orang tidak dikenal. ANTARA/Zumrotun Solichah

Tiga akun media sosial resmi Universitas Jember (Unej) diretas oleh orang tidak dikenal sejak Minggu (18/4/2021) siang.

Ketiga akun media sosial Unej yang diretas adalah yakni Twitter, Instagram, dan Facebook. Hingga Senin (19/4/2021), hanya satu akun yang berhasil dipulihkan.

Hal ini disampaikan Wakil Koordinator Bidang Humas Unej Didung Rokhmad Hidayanto di Jember, Jawa Timur.

"Akun media sosial yang pertama kali kami buka adalah Twitter. Namun, sayangnya login ditolak oleh Twitter dengan notifikasi akun email yang kami masukan tidak valid," kata Didung dilansir ANTARA.

Selanjutnya, pihak Humas Unej mencoba mengecek masalah tersebut dengan login ke akun email humas@unej.ac.id. Namun, email Humas Unej juga tidak bisa dibuka.

"Dugaan sementara email tersebut juga baru saja diretas sehingga kami melaporkan pada Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informatika Komunikasi (UPT TIK) karena email itu di bawah kendali UPT bersangkutan sehingga langsung di-reset dan email aman," tuturnya.

Setelah email aman, pihaknya membuka lagi dan ada notifikasi dari Facebook dan Twitter. Namun, dari FB ada pemberitahuan seseorang yang berusaha masuk ke akun media sosial tersebut.

"Segera saat itu juga tim Humas Unej memeriksa semua akun media sosial lainnya, yakni Instagram dan Facebook, kemudian di email ada pemberitahuan lagi tentang login mencurigakan terhadap akun FB," katanya.

Pihak Unej seketika itu masuk ke Facebook dan akunnya berhasil diselamatkan sehingga tim Humas Unej melakukan pembaruan password dan mencoba masuk ke akun Instagram namun gagal.

"Hingga kini kami belum bisa mengakses Twitter dan Instagram sehingga kami berupaya melakukan pemulihan sesuai dengan ketentuan aplikasi," ujarnya.

Didung menjelaskan bahwa pihaknya juga sudah melaporkan kejadian peretasan akun media sosial Unej tersebut kepada tim Humas Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Kami masih fokus pada pemulihan dua akun media sosial itu dan belum berencana melaporkan peretasan itu kepada aparat kepolisian setempat," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X