Polisi Tangkap 4 Oknum Satpol PP yang Diduga Rampas Uang Pengemis Berkaki Buntung

- Rabu, 21 Oktober 2020 | 13:41 WIB
Oknum Satpol PP yang diduga merampas uang pengemis (YouTube/Ferry Kesuma)
Oknum Satpol PP yang diduga merampas uang pengemis (YouTube/Ferry Kesuma)

Empat oknum Satpol PP Pemko Batam, yang diduga merampas uang milik pengemis, telah ditangkap polisi.

Mereka diamankan ketika sedang bertugas di Dinsos Batam, Sekupang. Keempat oknum Satpol PP ini merampas uang seorang pengemis di Simpang Lampu Merah UIB, di Baloi, Batam.

Mereka diamankan setelah video yang diunggah di kanal YouTube Ferry Kesuma, viral di media sosial.

"Benar, kami telah mengamankan empat pelaku pemerasan maupun perampasan uang pengemis yang telah viral di media sosial YouTube," kata Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum), Polda Kepri Kombes Pol Arie Dharmanto, Selasa (20/10/2020) siang, saat ekspos di Mapolda Kepri.

Dari hasil pemeriksaan, diketahui kalau memang keempat pelaku merupakan anggota Satpol PP Batam, dan salah seorang di antaranya berstatus ASN. Saat ini, para pelaku sedang menjalani pemeriksaan intensif.

"Saat ini keempatnya sedang menjalani pemeriksaan intensif pihak penyidik Dit Reskrimum Polda Kepri. Karena, diduga mereka telah merampas uang pengemis di sekitar Traffic Light UIB Baloi, Minggu (18/10/2020),” kata Kombes Pol Arie.

Satpol PP yang berstatus ASN tadi bertindak sebagai koordinator. Sementara, tiga terduga pelaku lainnya merupakan pegawai honorer yang bertugas di Dinas Sosial Batam. 

Namun, Arie belum bisa memastikan apakah keempat oknum Satpol PP tersebut bersalah atau tidak. Semua akan ditentukan oleh hasil pemeriksaan.

Kendati demikian, Arie mengaku belum bisa memastikan apakah ke empatnya terbukti bersalah ataupun tidak, karena hingga saat ini masih dalam proses pemeriksaan.

Sebelumnya diberitakan, beredar Video menampilkan oknum petugas Dinas Sosial Kota Batam yang diduga mengambil uang pengemis di jalanan.

Video tersebut diunggah oleh akun YouTube Ferry Kesuma dan terjadi di perempatan jalan UIB Baloi pada hari Minggu, 18 Oktober 2020 pukul 11:30 WIB.

"Terjadi pengangkutan pengemis oleh oknum DINSOS batam, kebetulan aku berada di lampu merah tersebut. lalu aku melihat pengemis tersebut dipaksa naik ke dalam mobil. dan pengemis tersebut berontak minta tolong. lalu aku menghampiri oknum tersebut dan kutanyakan ada apa??" tulis Ferry.

Seorang pengemis laki-laki berkaki buntung kemudian mengaku kalau dirinya sempat diangkut ke dalam mobil oleh oknum petugas Dinas Sosial yang berjumlah tiga orang, namun uangnya diambil dan dia diturunkan di jalan.

"Saya ditangkap sama mobil Dinas Sosial ini. Tapi saya gak dibawa ke kantor. Kalau ini uang saya aja diambil, terus saya dilepaskan. Saya diturunkan di jalan. Saya ditangkap, uang saya diambil semua, cuma disisakan untuk ojek. Saya dilepaskan di jalan. Saya gak bisa melawan," kata pengemis itu.

Halaman:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X