Begini Cara Cerdas Anies Baswedan untuk Cegah Penumpukan Penumpang KRL

- Senin, 15 Juni 2020 | 12:35 WIB
Ratusan calon penumpang KRL Commuter Line mengantre menuju pintu masuk Stasiun Bogor di Jawa Barat, Senin (8/6/2020). (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)
Ratusan calon penumpang KRL Commuter Line mengantre menuju pintu masuk Stasiun Bogor di Jawa Barat, Senin (8/6/2020). (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Guna mengantisipasi penumpukan atau kepadatan penumpang KRL di sejumlah stasiun, Pemprov DKI Jakarta mengerahkan layanan 50 bus gratis. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, ditemani Wali Kota Bogor, Bima Arya, pagi tadi langsung meninjau kesiapan armada bus gratis tersebut di Stasiun Bogor.

"Kami di Jakarta ikut memfasilitasi ada 50 bus sekolah yang dikirimkan ke beberapa lokasi stasiun, termasuk salah satunya ke Bogor," kata Anies, Senin (15/6/2020). 

Selain menyediakan bus gratis, upaya yang dilakukan lainnya guna mencegah terjadinya penumpukan penumpang adalah menyesuaikan jam kerja untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Swasta. Ini juga sebelumnya sudah disinggung Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Jam kerja baik ASN maupun swasta sudah dibuatkan jeda, dalam aturannya minimal dua jam. Nah, sekarang kita sepakati diubah menjadi tiga jam. Selisih antara shift satu dan shift dua itu sekurang-kurangnya tiga jam," ujarnya. 

Dia menambahkan, kebijakan tersebut diambil semata-mata untuk keselamatan pekerja dan seluruh masyarakat. Apalagi, diketahui pandemi Covid-19 belum usai hingga saat ini.

 "Jadi apapun pengaturan yang dilakukan, harap dijalani dengan baik, harap dijalankan dengan tertib. Dan itu untuk melindungi kita semua," tambahnya. 

Gubernur DKI Jakarta ini juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PT KAI juga Pemkot Bogor yang dinilai sudah amat baik mengatur dan menerapkan protokol kesehatan, serta memastikan warganya bisa berangkat bekerja dengan baik.

"Nanti di Jakarta ketika mereka sampai, saya menghimbau kepada semua untuk menaati semua protokol. Masker jangan dilepas, jaga jarak, cuci tangan rutin, dan selalu 50% kapasitas," tandasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X