BMKG Sebut Hujan Ekstrem Picu Banjir di Semarang

- Minggu, 7 Februari 2021 | 10:00 WIB
Ilustrasi banjir. (INDOZONE).
Ilustrasi banjir. (INDOZONE).

Hujan lebat yang mengguyur Kota Semarang, Jawa Tengah mengakibatkan banjir di beberapa titik. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kota Semarang menyebut banjir diakibatkan oleh hujan ekstrem yang terjadi pada Sabtu 6 Februari 2021.

Kepala Stasiun Klimatologi Semarang, Sukasno mengatakan, pihaknya mencatat peta sebaran curah hujan harian Kota Semarang pada 6 Februari 2021 pukul 07.00 WIB terukur hujan dengan intensitas lebat-ekstrem. Terukur curah hujan pukul 07.00 WIB di Stasiun Meteorologi Ahmad Yani sebesar 171 mm.

"BMKG Ahmad Yani Semarang telah mengeluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrim pada tanggal 6 Februari dari Pukul 01.30 WIB dan telah di update pukul 05.20 WIB. Kota Semarang termasuk salah satu wilayah yang masuk dalam Peringatan Dini tersebut, "kata Sukasno dalam keterangannya, Minggu (7/2/2021).

Baca Juga: Gunung Merapi Kembali Luncurkan 10 kali Guguran Lava Pijar

Dia melanjutkan, pihaknya juga sudah mengeluarkan informasi prakiraan cuaca berbasis dampak signature pada tanggal 4 Februari yang berlaku sampai dengan 6 Februari melalui laman resmi BMKG.

"Terdapat potensi dampak hujan Lebat untuk Dampak Banjir/Bandang dapat terjadi di wilayah Jawa Tengah dengan kategori Waspada, termasuk Kota Semarang," jelasnya.

Sukasno menjelaskan, analisis sementara menunjukkan aktifnya Monsun Dingin Asia dan adanya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.

Kondisi tersebut didukung dengan masa udara yang labil serta kelembapan udara cukup tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas sehingga mendukung prosespembentukan awan hujan di Jawa Tengah, khususnya sebagian besar wilayah pantura tengah-barat termasuk Kota Semarang.

"Berdasarkan analisis tersebut BMKG memperpanjang Peringatan Dini Hujan lebat hingga sepekan ke depan untuk wilayah Jawa Tengah," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X