Jokowi Minta Masyarakat Antisipasi Potensi Bencana Akibat Fenomena La Lina

- Selasa, 13 Oktober 2020 | 12:09 WIB
Presiden Jokowi. (Instagram/jokowi)
Presiden Jokowi. (Instagram/jokowi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kepada jajarannya untuk mengantisipasi adanya potensi bencana akibat fenomena La Lina yang diprediksi akan meningkatkan jumlah curah hujan di Indonesia.

Pasalnya, berdasarkan laporan yang diterima Jokowi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) curah hujan diprediksi akan terjadi di atas normal, yakni naik 20 hingga 40% dari batasan normal.

“Saya ingin agar kita semuanya menyiapkan diri mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi,” ucap Jokowi dalam pengantar rapat terbatas di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (13/10/2020).

“Dan juga dampak dari La Nina ini terhadap produksi pertanian agar betul-betul dihitung, perikanan dan sektor perhubungan,” tambah Jokowi.

Jokowi menilai bahwa kenaikan jumlah curah hujan yang diperkirakan mencapai 20 hingga 40% tersebut bukanlah peningkatan yang kecil. Maka, ia meminta informasi perkembangan cuaca harus dimasifkan ke seluruh provinsi dan daerah.

"Saya juga minta supaya disampaikan, disebarluaskan informasi mengenai perkembangan cuaca secepat-cepatnya ke seluruh provinsi dan daerah. Sehingga tahu semuanya, sebetulnya curah hujan bulanan ke depan ini akan terjadi kenaikan seperti apa," pungkasnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X