Penjual Surat PCR Palsu Ternyata Mahasiswa Kedokteran

- Jumat, 8 Januari 2021 | 10:20 WIB
Konferensi pers jasa jual surat PCR palsu di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (7/1/2021). (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Konferensi pers jasa jual surat PCR palsu di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (7/1/2021). (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Tiga pelaku penjual surat PCR palsu yang diamankan oleh Polda Metro Jaya ternyata masih berstatus sebagai mahasiswa. Salah satu diantaranya merupakan mahasiswa kedokteran. Mereka adalah MHA (21), EAD (22), dan MAIS (21).

"Jadi ketiganya pelajar atau mahasiswa. MHA mahasiswa kedokteran yang masih berpendidikan di salah satu universitas," ujar Yusri di Mapolda Metro Jaya, Kamis (7/1/2021).

Soal keterlibatan tenaga kesehatan lainnya dalam jual-beli surat PCR tersebut masih belum bisa dipastikan oleh pihak Polda Metro Jaya. Yusri menambahkan bahwa surat PCR palsu tersebut sudah dijual ke dua orang dan mereka kini melarikan diri.

Atas perbuatannya, tiga pelaku dijerat pasal berlapis. Pertama Pasal 32 jo Pasal 48 UU ITE ancaman 10 tahun penjara, Pasal 35 juncto Pasal 51 ayat 1 UU ITE ancaman 12 tahun penjara dan atau Pasal 263 KUHP dengan ancaman 6 tahun penjara.

Baca juga: Penjual Surat PCR Palsu Ditangkap, Salah Satunya Selebgram @erlanggs

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya berhasil menciduk tiga pemuda yang menjual surat hasil PCR palsu. Surat itu dipasarkan melalui media sosial para tersangka.

Kasus ini bermula dari ketiga tersangka yang ingin terbang ke Bali namun, tidak memiliki surat hasil PCR. Salah satu rekan tersangka di Bali memberikan template surat hasil PCR yang ditinggal diisi oleh para tersangka.

Mereka menggunakan surat tersebut dan berhasil terbang ke Bali. Singkat cerita mereka memiliki pemikiran untuk menjual surat hasil PCR tersebut.

Setelah dipasarkan di media sosial, dr Trita merespon iklan tersebut hingga membuat PT yang dirugikan membuat laporan polisi. Polda Metro Jaya dengan cepat berhasil menangkap ketiga tersangka.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X