Ini 3 Fakta Pratu Lukius Y Matuan, Si Pengkhianat Bangsa yang Gabung dengan KKB

- Sabtu, 17 April 2021 | 14:00 WIB
 Pratu Lukius Y Matuan membelot ke KKB. (photo/Facebook/Lucky Matuan Lucky)
Pratu Lukius Y Matuan membelot ke KKB. (photo/Facebook/Lucky Matuan Lucky)

Seorang anggota TNI AD bernama Pratu Lucky Y Matuan atau Lukius Matuan, dikabarkan telah berkhianat dari NKRI dan bergabung dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Sabinus Waker di Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Berikut ini 3 fakta terkait Pratu Lucky Y Matuan:

1. Personel Raider 400

Asisten Operasi Kogabwilhan III Brigjen Suswatyo menyebutkan bahwa Pratu Lukius adalah anggota Raider 400. Raider 400 yang berada di bawah naungan Kodam IV Diponegoro sempat ditugaskan ke Kabupaten Intan Jaya sejak Agustus 2020 hingga Maret 2021.

Akan tetapi, Pratu Lukius memilih untuk keluar dari satuannya dan memutuskan bergabung dengan KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata/label yang diberikan kepolisian untuk OPM).

"Memang benar saat ini Pratu Lukius yang sebelumnya tergabung dalam Yonif Raider 400 itu bergabung dengan KKB," ujar Asisten Operasi Kogabwilhan III Brigjen Suswatyo, dikutip dari Antara, Sabtu (17/4/2021).

2. Tak Dilengkapi Senjata

Pratu Lukius dipastikan tak membawa senjata saat memutuskan bergabung dengan OPM. Hal ini dikonfirmasi oleh Asisten Operasi Kogabwilhan III Brigjen Suswatyo.
Ia berharap dengan bergabungnya Pratu Lukius ke KKB tak membuat kekuatan kelompok itu bertambah.

3. Jadi Sasaran Utama TNI-Polri

Keputusan Pratu Lukius membelot ke KKB dinilai sangat fatal. Ia kini dicap sebagai pengkhianat bangsa dan menjadi sasaran utama aparat keamanan. Pratu Lukius dipastikan akan mendapat hukuman berat dari Indonesia.

"Dia membelot ke kelompok OPM, itu kan melawan negara, itu hukumannya berat, dia jadi sasaran utama itu," kata Suswatyo.

 

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X