Soal Integrasi NIK dan NPWP, DPR Minta Keamanannya Harus Berlapis

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 10:20 WIB
Ilustrasi KTP dan NPWP (Antaranews)
Ilustrasi KTP dan NPWP (Antaranews)

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar mengingatkan kepada pemerintah agar dapat memastikan keamanan data pribadi masyarakat terkait integrasi i Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Pasalnya menurut Muhaimin integrasi NIK dan NPWP sebagaimana tertuang dalam Undang-undang (UU) Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP) yang baru disahkan, memerlukan pengamanan memadai agar masyarakat tidak dirugikan.

“Saya kira itu (integrase NIK dan NPWP) adalah terobosan bagus. Tapi yang perlu diingat adalah soal keamanannya. Pemerintah tentu saja harus memastikan keamanan data penduduk,” kata Muhaimin di Jakarta, Kamis (14/10/2021).

Muhaimin berujar kerahasiaan data dan informasi NIK harus menjadi prioritas dan merupakan hak rakyat yang harus dipenuhi negara. Dia menegaskan keamanan data rakyat wajib dipenuhi negara.

Baca Juga: Pesta Adat Bakar Batu Tim Sepak Bola Putri Papua, Ini Foto-fotonya

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini meminta pemerintah menjadikan banyak kasus bobolnya data penduduk yang sudah terjadi sebelumnya, seperti yang terjadi pada aplikasi eHAC. Ia berkata, hal itu bisa dijadikan pelajaran betapa pentingnya keamanan data penduduk.

“Contoh kasusnya sudah banyak, aplikasi yang berkaitan dengan Covid-19 misalnya bisa dijadikan pelajaran oleh pemerintah bahwa keamanan data itu sangat penting. Kalau perlu keamanannya berlapis saja,” tegas Muhaimin.

Muhaimin berujar bahwa dirinya bukan tidak sepakat dilakukannya integrasi data kependudukan dengan sistem administrasi perpajakan. Namun, sebut dia, penerapan single identity number di Indonesia membutuhkan usaha yang keras dan komprehensif.

“Cakupannya kan besar sekali ya, rakyat kita ratusan juta. Jadi perlu effort ekstra keras, kuat, dan komprehensif untuk menjamin keamanannya,” tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X