Anggota DPR Minta Pemerintah Perjelas Syarat Teknis Aturan Umrah

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 12:36 WIB
Ilustrasi umrah. (Unsplash)
Ilustrasi umrah. (Unsplash)

Pemerintah Arab Saudi secara resmi kembali membuka pintu bagi jamaah umrah asal Indonesia. Kepastian ini disampaikan dalam nota diplomatik yang disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

Anggota Komisi IX DPR Fraksi PKS Kurniasih Mufidayati mengatakan bahwa pintu umrah yang kembali dibuka bagi masyarakat Indonesia adalah hal yang baik. Kemudian adanya keputusan ini tidak terlepas dari mulai menurunnya kasus Covid-19 di Indonesia.

"Alhamdulillah ini kabar baik untuk calon jamaah umrah yang menunggu lama untuk bisa kembali umrah. Artinya tugas kita semua untuk menjaga kasus Covid-19 tetap rendah sebab itu yang menjadi salah satu indikator kembali dibukanya pintu umrah bagi jamaah Indonesia," kata Mufida dikutip Rabu (13/10/2021).

Namun Mufida meminta agar kejelasan teknis terkait syarat kesehatan mulai diinformasikan ke calon jamaah sebagai persiapan. Terlebih ada beberapa persyaratan yang secara aturan harus ada perubahan.

"Kita berharap semua syarat teknis dan administrasi, khususnya tentang syarat jenis vaksin, tidak jadi masalah dan kendala di saat perjalanan nanti," beber dia.

Mengenai vaksin, ia mengatakan bahwa yang terakhir kan ada semua vaksin yang dipakai di Indonesia bisa diterima tapi ada beberapa vaksin yang harus melalui booster. Ini yang perlu diatur kejelasan aturannya, sebab sampai saat ini booster hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan.

"Ada info juga booster dilakukan oleh Pemerintah Arab Saudi sehingga hal ini harus diperjelas," ungkap Mufida.

Selain booster vaksin, hal lain yang perlu diatur adalah sinkronisasi antara sertifikat vaksin via aplikasi PeduliLindungi dengan ketentuan di Arab Saudi.

"Harus mulai terkoneksi antara aplikasi kita dengan sertifikasi vaksin di Arab Saudi agar tidak membingungkan para jamaah. Pembicaraan soal sinkronisasi harus dimulai sekarang dengan memperhatikan soal keamanan data," ujar dia.

Ia menyebut salah satu syarat untuk calon jamaah umrah adalah dua kali vaksin dan ditambah satu suntikan booster bagi beberapa vaksin tertentu. Sehingga, ia berharap ketentuan ini juga bisa menjadi trigger untuk calon jamaah melengkapi proses vaksinasi.

"Jadi demi melindungi masyarakat yang akan umrah, pemerintah harus memastikan semua hal terkait vaksin sudah aman diterima oleh negara Saudi, agar semua calon jamaah terproteksi dan tidak mengalami kendala apapun," tutup dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X