Akan Putuskan Jadwal Fit and Proper Test Calon Panglima TNI, DPR RI Gelar Rapat Internal

- Kamis, 4 November 2021 | 08:22 WIB
Ilustrasi Rapat Paripurna. (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)
Ilustrasi Rapat Paripurna. (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI berencana untuk menggelar rapat internal pada hari ini, Kamis (4/11/2021) siang WIB. Rapat internal tersebut dilakukan DPR RI guna menentukan jadwal fit and proper test terhadap calon Panglima TNI, yakni Jenderal Andika Perkasa usai menerima surat presiden (Surpres) pada Rabu, 3 November 2021.

"Komisi I akan mengadakan rapat internal siang Pukul 14.00 WIB. Rapat internal yang diikuti seluruh anggota Komisi I akan memutuskan kapan fit and proper diadakan," kata Meutya kepada wartawan, Kamis (4/11/2021).

Disebutkan Meutya, seperti lazimnya dalam proses Pemilihan Panglima, ada waktu untuk verifikasi dokumen calon Panglima serta kemungkinan verifikasi aktual sebagai bagian dari Fit and Prop.

"Semangat Komisi I tentu lebih cepat lebih baik, dengan memperhatikan semua tahapan yang perlu dilalui secara lengkap," ungkapnya.

Meutya mengakui jika Komisi I masih menunggu surat penugasan dari Bamus DPR terkait fit and proper test. Karena sampai dengan Rabu (3/11/2021) sore, pihaknya masih belum menerima surat tersebut.

"Jadi kami masih menunggu," tuturnya.

Sebelumnya diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan Jendral Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI yang baru untuk menggantikan peran Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun. Bahkan surat presiden (surpres) sudah dikirimkan oleh Presiden Jokowi kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Adapun surat tersebut diantarkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan diterima langsung Ketua DPR RI Puan Maharani. Di mana Presiden Jokowi mengusulkan nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI.

“Presiden dalam suratnya hanya mengajukan satu nama, presiden telah menyampaikan surat Presiden mengenai usulan calon Panglima TNI atas nama Jenderal Andika Perkasa," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/11/2021). 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X