Nadiem Sebut 80 Persen Lulusan Mahasiswa Bekerja Tak Sesuai Prodinya

- Minggu, 31 Oktober 2021 | 22:03 WIB
Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim. (photo/ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim. (photo/ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, menyebutkan ada sebanyak 80 persen mahasiswa yang lulus, bekerja di luar program studi (Prodi) atau jurusannya.

Hal itu disampaikan saat Nadiem menggelar Dialog terbatas di Kampus Universitas Sumatera Utara (USU), Selasa (26/10/2021).

Menurut data yang dihimpunnya, hanya sekitar 20 persen mahasiswa Indonesia yang bekerja sesuai dengan jurusan yang diambilnya.

“Hanya beberapa persen mahasiswa bekerja sesuai dengan prodinya maksimal hanya 20 persen. 80 persen lulusan kita, tidak masuk dalam sektor didalam prodinya,” ujar Nadiem.

Baca juga: 5 Mitos Bunga Kantil yang Sering Dianggap Mistis, Salah Satunya Favorit Kuntilanak

Karena hal itu, Nadiem terus menggencarkan progam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan agar mahasiswa bisa memiliki banyak pengetahuan di berbagai bidang studi.

Ia menilai, sebab persaingan di dunia kerja kedepannya tak cukup dengan hanya menguasai satu disiplin ilmu saja.

Nadiem menjelaskan, jika progam tersebut dilakukan untuk memberikan hak kebebasan bagi mahasiswa untuk merasakan atau menuntut ilmu di Kampus lebih dari satu prodi.

"Tidak bisa mengandalkan satu disiplin (ilmu), minimal dua atau tiga kadang-kadang,’’ tegas Nadiem.

“Intinya mereka bisa mencicipi berbagai ilmu. Dimana, S1 membuat mahasiswa bisa mencicipi beberapa disiplin (ilmu). Saya 100 persen, membuat mereka lebih kuat,” lanjutnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X