Wali Kota Surabaya Jelaskan Rencana Satukan Sekolah Negeri dan Swasta

- Rabu, 24 November 2021 | 11:13 WIB
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

Wali Kota Surabaya, Jawa Timur, Eri Cahyadi menjelaskan rencana menyatukan sekolah negeri & swasta untuk menjadi keluarga besar, sehingga apabila ada kekurangan, bisa melengkapi satu sama lain.

"Ketika menjadi keluarga besar, pasti ada senyum dan kebersamaan, sehingga apabila ada kekurangan bisa dilengkapi secara bersama-sama," ujar Walkot Eri, Rabu (24/11), mengutip Antara.

Dengan cara itu, Walkot ingin tak lagi ditemukan anak yang tak bisa sekolah, tak ada lagi sekolah kekurangan murid, tak ada lagi sekolah yang tak bisa membangun sarana & prasarana, serta tak ada lagi persaingan antar guru.

Walkot menjelaskan secara rinci bagaimana cara menyatukan sekolah negeri & swasta di Surabaya, salah satunya harus ada kesepakatan awal soal jumlah guru. Ia mencontohkan apabila ada seorang guru di sekolah A kekurangan jam mengajar, sedangkan di sekolah B kelebihan mengajar.

"Terus ini mau diapakan? Nanti biar sekolah yang menghitung sendiri, nanti pindah ke sekolah B misalnya. Ini harus bisa terwujud dan saya yakin dengan musyawarah kerja kepala sekolah swasta, hal itu yakin bisa terwujud," katanya.

Eri juga menekankan agar para guru harus meningkatkan kemampuan personalnya dengan adanya berbagai literasi. Dengan cara itu, diharapkan murid-muridnya juga punya keinginan dan kemampuan untuk membaca berbagai literasi.

Selain itu, apabila ada sekolah swasta yang butuh infrastruktur, maka sekolah negerinya mengalah dulu kalau memang sudah bagus, sehingga harus gantian.

Bahkan, ia juga berharap sekolah negeri itu sadar bahwa sekolah swasta itu partnernya dan bukan saingannya.

Oleh karena itu, ia juga menegaskan bahwa apabila masih ada anak SD dan SMP yang menyampaikan bahwa sekolahannya jelek dan tidak nyaman, maka itu tanggungjawab Pemkot Surabaya.

Meski begitu, ia menyampaikan bahwa harus ada kesepakatan bersama antara sekolah negeri dan swasta, terutama jika muncul sekolah baru. Kira-kira sampai tahun berapa yang harus dibangun dan sekolah dimana saja yang harus dibangun pada anggaran berikutnya.Sebab, tidak mungkin dicover semuanya dalam satu tahun anggaran.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X