IKN Bisa Pindah, Ibu Kota Sumut Pun Diusulkan Pindah ke Kawasan Danau Toba

- Kamis, 17 November 2022 | 15:53 WIB
Kota Medan (Instagram/Medan_undersky)
Kota Medan (Instagram/Medan_undersky)

Tidak hanya ibu kota negara yang sudah ditetapkan pindah lokasi ke Kalimantan Timur, namun Ibu kota Provinsi Sumatera Utara juga diusulkan untuk pindah.

Hal ini diungkap politisi PDIP Sutrisno Pangaribuan melalui keterangan tetulisnya kepada Indozone, Kamis (17/11/2022).

Mantan anggota DPRD Sumut itu menyebut usulan tersebut dampak dari moratorium pemekaran daerah setelah dilakukan pembentukan daerah baru di wilayah Papua, masing-masing Papua Selatan, Papua Pegunungan, dan Papua Tengah.

"Pemindahan Ibukota Provinsi jadi solusi. Pemindahan ibukota, dari Medan ke kabupaten/ kota dapat dilakukan untuk pemerataan pembangunan," kata Sutrisno.

Baca juga: Bantah Tak Ada Dana, Waskita Komitmen Bangun Jalan dan Jembatan di 13 Daerah Sumut

Menurut Sutrisno akses daerah ke Medan sebagai Ibukota selama ini tidak strategis. Maka pemindahan ibukota, dari Medan ke kabupaten/ kota dapat dilakukan untuk pemerataan pembangunan.

Ibu Kota Negara saja bisa pindah, apalagi ibu kota provinsi sangat mungkin,” katanya.

Dia menyebut Ibu kota provinsi dapat dipindahkan ke kawasan Danau Toba, atau ke Tapanuli Tengah, maupun ke Pulau Nias. Dari berbagai alternatif itu, kawasan Danau Toba lebih prioritas, karena akses transportasi darat dan udara lebih mudah.

Hingga akhir 2024, jalan tol dari Tebing Tinggi ke Parapat akan selesai, kemudian bandara Sibisa di Toba dan Silangit di Tapanuli Utara akan menopang ibu kota provinsi baru.

Pemindahan ibu kota provinsi ini juga selaras dengan perampingan organisasi perangkat daerah ( OPD ) yang sedang dikaji pemerintah provinsi Sumatera Utara.

Berdasarkan keterangan Edy Rahmayadi, Gubernur Sumatera Utara, perampingan dapat menghemat Rp 800 milyar. Maka dana tersebut dapat digunakan secara bertahap untuk fasilitasi pemindahan ibu kota provinsi Sumatera Utara.

Baca juga: Bos Judi Online Kabur ke Luar Negeri, Komisi III DPR RI Sambangi Polda Sumut

Pemindahan ibu kota provinsi bukan hal yang baru. Berdasarkan PP No.29 tahun 1979 Provinsi Sumatera Barat memindahkan ibu kota dari Bukit Tinggi ke Padang.

Rencana pemindahan ibu kota provinsi juga sedang intensif dibahas oleh pemerintah provinsi Jawa Barat maupun Maluku. Sehingga ide, gagasan pemekaran provinsi di Sumatera Utara dapat kita alihkan untuk pemindahan ibu kota provinsi ke kawasan Danau Toba.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X