Harga Minyak Dunia Anjlok, Energy Watch: Tak Serta Merta BBM Ikut Turun

- Selasa, 21 April 2020 | 09:48 WIB
Ilustrasi SPBU (ANTARA/Olha Mulalinda)
Ilustrasi SPBU (ANTARA/Olha Mulalinda)

Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan mengatakan, bukan perkara yang mudah untuk menentukan harga yang layak terhadap Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis tertentu dan penugasan seperti premium dan solar. 

Menurut Mamit, meski harga minyak dunia tengah menurun, namun hal ini tak serta merta membuat badan usaha menurunkan harga jual BBM jenis tertentu dan penugasan, sebab di dalam komponen harga BBM tertentu dan penugasan tersebut, terdapat nilai subsidi dari pemerintah yang besaran maupun mekanismenya harus dibahas terlebih dahulu hingga ke tingkat Menko dan DPR. 

"Evaluasi untuk harga premium dan solar ini sampai ketingkatan Menko (Perekonomian) yang menentukan," ujar Mamit kepada Indozone, saat dihubungi pada Selasa (21/4/2020). 

Saat ditanya soal berapa harga yang wajar untuk BBM jenis penugasan seperti premium dan solar di tengah pelemahan harga minyak dunia, ia hanya menyebut bahwa perhitungan itu tak bisa dilakukan sembarangan, dan harus sesuai dengan rumusan-rumusan yang ada dalam Kepmen ESDM Nomor 62 Tahun 2019. 

"Terkait dengan harga premium atau solar berapa wajarnya, saya mesti hitung dulu ya, karena sesuai dengan KepMen ESDM 62/2019 evaluasi akan dilakukan oleh pemerintah karena ini BBM jenis tertentu dan BBM penugasan setiap tanggal 24 tiap bulan," pungkasnya. 

Artikel menarik lainnya

Pertama Dalam Sejarah, Harga Minyak WTI Anjlok dan Berakhir Negatif

Aturan yang Tak Jelas Disebut Jadi Pemicu Kontroversi Refund Tiket Pesawat

Meski Pandemi Virus Corona, Yuk Tetap Jadi Kartini Masa Kini

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X