TNI Tembus Wilayah Terpencil dan Terisolasi di Mamuju untuk Salurkan Bantuan

- Minggu, 31 Januari 2021 | 10:42 WIB
TNI Angkatan Darat AD menyalurkan bantuan logistik kepada warga pengunsi gempa di kabupaten Mamuju yang berada di wilayah terisolir dengan menggunakan helikopter, (30/01/2021). (ANTARA FOTO/M Faisal Hanapi)
TNI Angkatan Darat AD menyalurkan bantuan logistik kepada warga pengunsi gempa di kabupaten Mamuju yang berada di wilayah terisolir dengan menggunakan helikopter, (30/01/2021). (ANTARA FOTO/M Faisal Hanapi)

Demi menyalurkan bantuan legistik kepada korban gempa di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) yang terisolasi, Tentara Nasional Indonesia - Angkatan Darat (TNI-AD) menggunakan helikopter.

"TNI AD terus menyalurkan bantuan untuk pengungsi gempa di wilayah terisolasi di Kabupaten Mamuju dengan menggunakan helikopter," kata Damdim Mamuju Kolonel Inf Aji Sartono di Mamuju, Sabtu (30/1/2021) seperti dikutip dari Antara.

Ia mengatakan wilayah terpencil dan terisolasi tersebut berada di Dusun Lolonggauang, Desa Labuang Rano, Kecamatan Tapalang Barat, Kabupaten Mamuju.

"Daerah itu sulit dijangkau dengan kendaraan darat, baik roda empat dan roda dua, karena gempa mengakibatkan longsor serta merusak dan menutup akses jalan ke daerah terpencil," katanya.

Ia menyampaikan agar para pengungsi dapat secepatnya memenuhi kebutuhan hidupnya, maka disalurkan bantuan tersebut dengan menggunakan helikopter.

"Kami akan senantiasa berbuat demi kepentingan masyarakat Sulbar, TNI mengerahkan 1400 personel dalam membantu warga yang terdampak gempa," katanya.

Ia mengatakan sebanyak 300 kilogram logistik telah disalurkan di daerah terisolasi pada tahap pertama. Jumlah pengungsi akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,2 yang melanda wilayah Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat mencapai 91.003 jiwa.

Jumlah pengungsi di Sulbar secara keseluruhan mencapai 91.003 jiwa, jumlah pengungsi terbanyak berasal dari Kabupaten Mamuju, yakni 58.123 orang, di Kabupaten Majene 25.737 orang, sementara pengungsi Kabupaten Polman sebanyak 5.343 orang.

Menurut dia, untuk data korban meninggal dunia 105 orang, dengan rincian 95 orang di Kabupaten Mamuju, 10 orang di Kabupaten Majene.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X