Jelang Imlek, Pemprov DKI Jakarta Jamin Stok Daging Babi Cukup

- Rabu, 10 Februari 2021 | 16:24 WIB
Ilustrasi daging babi. (Pixabay)
Ilustrasi daging babi. (Pixabay)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) memastikan ketersediaan daging babi serta ikan bandeng cukup dengan harga yang stabil jelang perayaan Imlek 2021.

Plt Kadis KPKP Suharini Eliawati menyebut, untuk daging babi dan ikan bandeng yang menjadi komoditas primadona saat perayaan Imlek tersebut akan menyesuaikan dengan permintaan pasar.

"Masyarakat tidak perlu khawatir kedua komoditas itu dipastikan cukup. Berdasarkan pantauan kami permintaan 2 komoditas tersebut sudah mulai meningkat volumenya dan yang masuk wilayah DKI Jakarta," ucapnya, Rabu (10/2/2021).

Baca Juga: Polres Jakbar Usut Vaksinasi Helena Lim, Crazy Rich Jakut yang Viral

Untuk ikan bandeng, Suharini mengatakan kalau pihaknya memantau, dan melakukan pengawasan dengan mengambil sampel ikan bandeng di Pasar Rawa Belong, meninjau jumlah pedagang, serta sumber ikan itu berasal.

"Hal ini dimaksudkan untuk memberikan rasa aman bahwa ikan bandeng yang dijual bebas dari formalin," terang Suharini.

Sementara itu, ia menyebut, beberapa komoditas pangan yang diprediksi mengalami kenaikan antara lain cabai rawit merah dan daging sapi. Namun hal ini tidak hanya terjadi di Jakarta, melainkan secara nasional.

"Karena untuk cabai musim hujan sangat berpengaruh pada produksi cabai Nasional sedangkan untuk daging sapi disebabkan meningkatnya harga dari negara asal sehingga harga di Jakarta menyesuaikan.

Diketahui, kecukupan pangan DKI menjelang Imlek, stok beras tersedia 289.441 ton, kebutuhan beras DKI Jakarta sehari sekitar 2.747 ton, daging sapi stok tersedia 15.914 ton, kebutuhan daging sapi per hari 187 ton, gula pasir 48.526 ton, kebutuhan gula sehari 210 ton, minyak goreng 77.819 ton, kebutuhan minyak sehari 556 ton. Artinya hingga Imlek, stok pangan aman.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X