Tragedi KA Taroko Express jadi Kecelakaan Terburuk di Taiwan, Tewaskan 48 Penumpang

- Sabtu, 3 April 2021 | 20:58 WIB
KA Taroko Express mengalami kecelakaan yang menewaskan 48 penumpangnya di dalam terowongan Qingshui, Kabupaten Hualien, Taiwan, Jumat (2/4/2021). ANTARA/HO-Xinhua/aa.
KA Taroko Express mengalami kecelakaan yang menewaskan 48 penumpangnya di dalam terowongan Qingshui, Kabupaten Hualien, Taiwan, Jumat (2/4/2021). ANTARA/HO-Xinhua/aa.

Kecelakaan maut Kereta Api Taroko Express yang terjadi di terowongan wilayah Kabupaten Hualien, Taiwan, menewaskan sebanyak 48 penumpang, Jum'at pagi (2/4/2021).

Dilansir Antara, peristiwa itu tercatat sebagai kecelakaan terburuk yang terjadi dalam tiga tahun terakhir di Taiwan.

Seperti yang diketahui, Badan Perkeretaapian Taiwan (TRA) menyebut bahwa KA Taroko Express yang hendak menuju ke Kabupaten Taitung itu menabrak truk derek saat hendak memasuki terowongan Qingshui pada pukul 09.28 waktu setempat.

Awalnya truk tersebut terparkir di perbukitan dekat terowongan, namun sopir truk lupa tidak mengaktifkan rem sehingga tergelincir dan jatuh di perlintasan kereta api.

Lima gerbong kereta kehilangan kendali dan menumpuk di dalam terowongan jalur tunggal yang sempit itu sehingga mempersulit upaya penyelamatan.

Diperkirakan ada sebanyak 350 penumpang yang berada di dalan kereta itu yang hendak mudik liburan Festival Qingming.

Akibat kejadian itu, 48 orang dinyatakan tewas, sedangkan 66 penumpang lainnya yang tersebar di delapan gerbong kereta mengalami luka ringan hingga parah.

Di samping itu, pemerintah China pun menyampaikan duka cita yang mendalam kepada para korban kecelakaan kereta api di Taiwan itu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X