17 RT di Jaksel Tergenang Banjir Imbas Hujan Deras Mengguyur Jakarta

- Kamis, 3 November 2022 | 19:56 WIB
Ilustrasi banjir. (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)
Ilustrasi banjir. (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, menyampaikan informasi terbaru perihal genangan yang terjadi di Jakarta pasca hujan deras mengguyur ibu kota. Sebelumnya hanya 4 RT di Jakarta Selatan yang tergenang banjir, namun kini bertambah menjadi 17 RT.

Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, imbas hujan besar yang mengguyur Jakarta, setidaknya ada 3 ruas jalan tergenang. Lalu sebelumnya hanya 4 RT di Jakarta Selatan tergenang dan kemudian menjadi bertambah 13 RT lagi, sehingga totalnya jadi 17 RT.

"Saat ini terdapat 3 ruas jalan tergenang dan genangan yang sebelumnya terjadi di 4 RT saat ini menjadi 17 RT," ujar Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji melalui keterangan tertulisnya, Kamis (3/11/2022).

Baca Juga: BPBD DKI Jakarta: 4 RT dan 3 Ruas Jalan Tergenang Banjir Akibat Hujan

Berdasarkan data yang diperoleh dari BPBD DKI Jakarta, genangan terjadi karena intensitas hujan sedang hingga lebat. Menurut Isnawa, saat ini BPBD DKI jakarta sedang mengerahkan personel untuk memonitor genangan di setiap wilayah dengan berkoordinasi dengan dinas terkait.

"Mengkoordinasikan (genangan dengan) unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat," tutur Isnawa.

Selain itu mewakili BPBD DKI Jakarta, Isnawa juga menghimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan yang terjadi.

"Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," pungkas Isnawa.

Berikut wilayah terdampak yang masih tergenang di Jakarta Selatan:

Kelurahan Pancoran:
  - Jumlah: 5 RT
  - Ketinggian: 40 s.d 60 cm
  - Penyebab: Curah Hujan Tinggi dan Luapan Kali Cideng

Kelurahan Pela Mampang:
  - Jumlah: 12 RT
  - Ketinggian: 120 cm
  - Penyebab: Curah Hujan Tinggi

Sedangkan 3 ruas jalan yang masih tergenang banjir, yakni:

1. Jl. Lebak Wangi, Kel. Kebayoran Lama Selatan, Kec. Kebayoran Lama
Ketinggian: 20 cm

2. Jl. Kemang Selatan, Kel. Bangka, Kec. Mampang Prapatan
Ketinggian: 40 cm

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X