Inggris Hapuskan Tes PCR untuk Perjalanan Udara Asalkan Sudah Vaksin Lengkap

- Sabtu, 30 Oktober 2021 | 10:31 WIB
Penumpang di Bandara Heathrow London (REUTERS/Peter Nicholls)
Penumpang di Bandara Heathrow London (REUTERS/Peter Nicholls)

Inggris melonggarkan aturan penerbangan untuk warga yang berasal dari negara-negara risiko rendah Covid-19. Mulai 24 Oktober kemarin, warga yang berasal dari negara tersebut tidak perlu menjalani tes PCR yang mahal asalkan sudah menerima vaksin penuh.

Pemerintah Inggris merasa pengujian dan aturan rumit justru melambatkan pemulihan sektor perjalanan udara.

Mulai 24 Oktober yang merupakan awal liburan semester sekolah di sebagian besar Inggris, penumpang dari luar negeri yang berasal dari negara minim risiko Covid-19 dan sudah menerima vaksin dua kali, boleh hanya melampirkan tes cepat, bukan tes PCR.

"Menghilangkan pengujian PCR wajib yang mahal akan meningkatkan industri perjalanan dan merupakan langkah maju yang besar dalam menormalkan perjalanan internasional dan mendorong orang untuk memesan liburan dengan percaya diri," kata Menteri Luar Negeri untuk Transportasi Grant Shapps, dilansir Reuters.

Namun, penumpang harus menggunakan tes cepat berbayar dari penyedia swasta, bukan tes gratis yang disediakan pemerintah untuk tes dan pelacakan.

Siapa pun yang terbukti positif saat diperiksa lewat tes cepat akan diberikan tes PCR konfirmasi gratis melalui Layanan Kesehatan Nasional.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X