Tak Ingin Rakyatnya Alami Obesitas, Spanyol Larang Iklan Coklat & Es Krim

- Jumat, 29 Oktober 2021 | 15:47 WIB
Ilustrasi es krim dan coklat. (Foto/Unsplash/Ian Dooley/Tetiana Bykovets)
Ilustrasi es krim dan coklat. (Foto/Unsplash/Ian Dooley/Tetiana Bykovets)

Spanyol akan melarang iklan makanan dan minuman tidak sehat seperti coklat, biskuit, dan es krim yang ditujukan untuk anak-anak. Hal itu guna membantu memerangi obesitas pada kaum muda.

"Anak-anak sangat rentan terhadap iklan dan merupakan kewajiban kami untuk melindungi mereka," ujar Menteri Urusan Konsumen, Alberto Garzon, dikutip dari Twitternya, Jumat (29/10).

Kebijakan yang masih memerlukan persetujuan kabinet ini akan mempengaruhi iklan yang ditujukan untuk anak-anak di bawah 16 tahun di televisi dan radio, di bioskop dan di internet, termasuk di jejaring sosial dan aplikasi seluler.

Terdapat 5 kategori produk yang dilarang diiklankan untuk anak di bawah umur, terlepas dari kandungan nutrisinya, meliputi coklat, permen, energy bar juga kue, biskuit manis, jus, es krim dan minuman energi.

Produk lainnya juga akan menghadapi regulasi bila kandungan lemak jenuh, gula dan garam melebihi batas tertentu.

Dikutip dari Reuters, asosiasi konsumen OCU mengatakan terdapat 9 dari 10 iklan makanan yang ditargetkan untuk anak adalah produk yang tidak sehat.

Menurut Badan Gizi dan Keamanan Makanan Spanyol, 40,6 persen anak-anak Spanyol usia 6-9 tahun mengalami kelebihan berat badan dan 17,3 persen mengalami obesitas.

Namun, langkah untuk melarang iklan itu mendapat kritikan dari Federasi Industri Makanan dan Minuman Spanyol (FIAB). Mereka mengatakan kalau sektor tersebut telah bekerja dengan kementerian selama setahun untuk memperbarui praktik etis dalam periklanan.

"Kami percaya bahwa produsen makanan dan minuman diserang secara serampangan dan tidak dapat dibenarkan," kata Direktur Jenderal FIAB Mauricio Garcia de Quevedo.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X