Kapolri Launching Aplikasi Mudahkan Bikin dan Perpanjang SIM, Apa Itu?

- Selasa, 13 April 2021 | 18:46 WIB
Screenshoot aplikasi Sinar di Play Store. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).
Screenshoot aplikasi Sinar di Play Store. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).

Korps Lalu lintas (Korlantas) Polri meluncurkan aplikasi bernama Samsat Digital Nasional atau Sinar. Aplikasi ini akan memudahkan masyarakat dalam membuat dan memperpanjang surat izin mengemudi (SIM).

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melaunching sendiri aplikasi tersebut. Dia menyebut aplikasi ini sebagai wujud program kerja Kapolri yang disampaikan saat fit and proper test bersama Komisi III DPR.

Baca juga: Suami Selingkuh dengan Karyawan Sendiri, Pelakor Dilabrak ke Rumah, Ngakunya Jadi Korban

"Ini merupakan bagian dari perwujudan terhadap janji kami pada saat kami melaksanakan fit proper di depan Komisi III DPR RI pada saat itu di mana program kerja Kapolri yang saya sampaikan bagaimana kami melaksanakan transformasi menuju Polri yang presisi," kata Jenderal Sigit di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat, Selasa (13/4/2021).

Jenderal Sigit menyebut, saat ini masyarakat Indonesia dapat dimudahkan karena ada banyak aplikasi yang diluncurkan oleh Polri termasuk aplikasi Sinar. Aplikasi ini sendiri dapat membantu dalam hal perpanjangan SIM hingga pembuatan SIM.

"Hari ini masyarakat di Indonesia baik dalam maupun luar negeri kita harapkan bisa mendapatkan pelayanan perpanjangan SIM dari rumah atau di mana masyarakat tersebut berada cukup dengan menggunakan aplikasi Samsat digital nasional atau Sinar yang ada di handphone," beber Sigit.

Dalam kesempatan yang sama, Kakorlantas Polri Irjen Istiono menyebut masyarakat hanya perlu menginstal aplikasi Sinar di smartphone mereka. Setelah melakukan proses administrasi di aplikasi tersebut, SIM yang diperpanjang akan dikirim ke rumahnya masing-masing.

"Dengan aplikasi ini masyarakat dapat terlayani melalui jasa pengiriman dokumen SIM yang sudah terbit untuk diantar sampai ke alamat pemohon," pungkas Istiono.

Artikel menarik lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X