Ngeri! Bukan Hanya Jakarta, Ini Kota Lain di Indonesia yang Terancam Tenggelam

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 16:08 WIB
Ilustrasi kota tenggelam (Pixabay)
Ilustrasi kota tenggelam (Pixabay)

Masyarakat dihebohkan dengan pernyataan Presiden AS Joe Biden yang mengulas prediksi bahwa Jakarta akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan, atau di sekitar tahun 2030an.

Proyeksi Biden ini didasarkan oleh dampak perubahan iklim yang menyebabkan permukaan laut naik, sementara tanah Jakarta turun.

Selain Biden, NASA juga pernah memperingatkan bahwa Jakarta dan pulau reklamasinya terancam tenggelam. Penyebabnya karena air tanah terus dipompa dan air laut meningkat.

Diperkirakan, 40% wilayah Jakarta sekarang berada di bawah permukaan air laut. Selain Jakarta, sebenarnya ada beberapa kota lain di Indonesia yang terancam tenggelam.

-
Daerah yang terancam tenggelam di Indonesia pada 2030 (Climate Central)

Ketua Lembaga Riset Kebencanaan IA-ITB, Heri Andreas mengatakan ada 112 kabupaten/kota di Indonesia yang terancam tenggelam, seperti Pekalongan, Semarang, dan Demak.

"Dalam 10 tahun ke depan jika tidak ada upaya manajemen risiko yang baik, maka prediksi tenggelamnya wilayah-wilayah ini akan lebih pasti dibandingkan Jakarta," jelas Heri yang juga Ketua Laboratorium Geodesi ITB, dikutip Rabu (4/8/2021).

Daerah-daerah yang terancam tenggelam di Indonesia bisa dipantau lewat situs Climate Central. Climate Central merupakan lembaga non-profit independen yang memiliki kepedulian dengan perubahan iklim.

-
Daerah yang terancam tenggelam di Indonesia pada 2030 (Climate Central)

Di situs Climate Central, pengunjung bisa melihat negara dan daerah mana saja yang terancam tenggelam dalam hitungan per dekade atau setiap 10 tahun, dimulai dari 2030.

Kota yang ditandai warna merah artinya berada di permukaan air dan terancam tenggelam. Dengan menggunakan peta perubahan iklim ini, diketahui bahwa Jakarta Utara hingga Barat akan tenggelam 10 tahun lagi.

Mulai dari kawasan Kalideres, Pantai Indah Kapuk, Kota Tua, Monas, Ancol, hingga Bekasi, Tangerang, dan Banten.

Di wilayah Jawa, yang terancam tenggelam adalah seperti Indramayu, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Demak, hingga Surabaya.

Begitu pula dengan daerah Bali, Mataram, Nusa Tenggara Barat, dan beberapa wilayah Kalimantan dan Sumatera.

-
Daerah yang terancam tenggelam di Indonesia pada 2030 (Climate Central)

Diberitakan sebelumnya, saat berpidato di Kantor Direktur Intelijen Nasional, Selasa (27/7), Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyinggung bahaya pemanasan global. 

Terkait hal tersebut, Ia menyebutkan  Jakarta terancam tenggelam dalam 10 tahun ke depan. 

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X