Petani Keluhkan Harga Bawang Anjlok karena Ada Impor, Jokowi Langsung Telpon Mendag

- Rabu, 15 Desember 2021 | 12:57 WIB
Kiri: Petani bawang di Temanggung. (ANTARA/Anis Efizudin) / Kanan: Presiden Jokowi saat menelpon Mendag Lutfhi. (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)
Kiri: Petani bawang di Temanggung. (ANTARA/Anis Efizudin) / Kanan: Presiden Jokowi saat menelpon Mendag Lutfhi. (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Temanggung. Di sana, Presiden sempat berdialog dengan para petani usai melakukan penanaman bawang merah di Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung.

Kepada Jokowi, para petani mengeluhkan nasib mereka yang enggan  menanam bawang putih karena harganya turun, yang dipicu oleh masuknya impor bawang putih pada saat panen.

Mendengar keluhan para petani, Presiden Jokowi langsung menelepon Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

"Pak Menteri, ini saya dengan para petani di Temanggung. Keluhan mereka semuanya sama, pada saat panen bawang putih itu impornya justru masuk, keluhannya selalu itu," ujar Presiden kepada Mendag, Selasa (14/12).

Mendag Lutfi langsung merespons keluhan tersebut dan akan mengirimkan tim dari Kemendag untuk mengecek ke lapangan.

"Saya akan kirim tim untuk mengecek, Bapak," kata Mendag.

Terkait produksi bawang merah, Presiden Jokowi di Temanggung juga menyatakan telah meminta Kementerian Pertanian untuk menyiapkan penjamin pembelian atau penyalur (off taker) produksi bawang merah, agar petani mendapat kepastian harga dan permintaan.

Selain itu, Presiden Jokowi juga berharap produktivitas bawang merah di lokasi lumbung pangan (food estate) di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah dapat terus meningkat.

"Kita harapkan dengan produktivitas yang semakin baik, intervensi di bibit, diharapkan pendapatan dari petani akan meningkat dan ini akan saya lihat setelah panen," pungkas Jokowi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X