Warga Papua Sulit Video Call Ucapkan Idul Fitri, Kominfo Upayakan Perbaiki Gangguan

- Sabtu, 15 Mei 2021 | 11:56 WIB
Ilustrasi internet bermasalah (Unsplash)
Ilustrasi internet bermasalah (Unsplash)

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan tengah memperbaiki gangguan telekomunikasi di Jayapura, Papua.

Gangguan telekomunikasi itu terjadi akibat adanya kabel serat optik bawah laut yang terputus.

"Kabel bawah laut ini yang menjadi tulang punggung transmisi data Indonesia Barat dan Indonesia Timur itu terputus, sehingga terjadi gangguan layanan telekomunikasi,"

"Kami terus berusaha bersama operator seluler dan operator fiber optik bawah laut untuk memulihkan transmisi data dari kawasan barat ke kawasan timur dengan pemanfaatan microwave link, radio link dan berbagai sarana yang lain," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, dikutip dari Antara, Sabtu (15/5/2021).

Diperkirakan jaringan internet di Jayapura baru akan benar-benar pulih pada Juni 2021. Menkominfo menambahkan bahwa Papua memang termasuk salah satu wilayah yang ditargetkan mendapat pembangunan infrastruktur masif pada 2021 dan 2022.

Sehingga,  akses telekomunikasi di Bumi Cenderawasih tersebut semakin optimal.

"Mudah-mudahan kita dapat selesaikan ini di akhir tahun 2022 nanti, dan peningkatan-peningkatan kapasitas layanan tentu akan semakin membaik dengan akan hadirnya satelit SATRIA 1 dengan kapasitas 150 Gbps, salah satu dari 5 satelit terbesar di dunia yang akan melayani keseluruhan Electronic Government Indonesia," ujarnya.

Kominfo juga terus berkoordinasi dengan PT Telkom Indonesia sebagai penyelenggara layanan internet mengenai gangguan yang terjadi di Jayapura, Papua.

Gangguan telekomunikasi itu sudah berlangsung sejak akhir April 2021 akibat pergeseran kabel optik di bawah laut itu. Alhasil terjadi gangguan total trafik sebesar 135 GBPS.

Pemulihan juga dilakukan dengan fasilitas layanan jaringan tulang punggung, Palapa Ring Timur.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X