Gunung Illi di NTT Kembali Erupsi, Masyarakat Diminta Waspada

- Minggu, 19 Desember 2021 | 14:33 WIB
Gunung Illi Lewotolok. (ANTARA//Kornelis Kaha)
Gunung Illi Lewotolok. (ANTARA//Kornelis Kaha)

Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali dihadapkan dengan bencana alam. Setelah kemarin dilanda gempa bumi, kini Gunung Illi Lewotolok mengalami erupsi.

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan Gunung Ili Lewotolok mengalami erupsi pada pukul 05:36 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 1.000 m di atas puncak (± 2.423 m di atas permukaan laut).

Kolom abu tersebut teramati mengarah ke arah barat. Saat ini, Gunung Ili Lewotolok ditetapkan ada di Status Level III (Siaga).

Penetapan status tersebut disertai dengan beberapa rekomendasi, di antaranya masyarakat di sekitar gunung tidak melakukan aktivitas pada radius  3 km dari puncak/kawah. Masyarakat juga diminta waspada dengan ancaman longsor disertai dengan awan panas.

Selanjutnya, masyarakat diminta untuk memakai masker serta perlengkapan lainnya untuk melindungi mata serta kulit.

Lalu, masyarakat yang tinggal di sekitar aliran sungai yang berhulu di puncak  Gunung Ili Lewotolok agar waspada dengan ancaman lahar dingin saat musim hujan.

Lebih lanjut, pemerintah daerah juga meminta agar seluruh pihak tak menyebarkan berita bohong tentang erupsi Gunung Illi Lewotolok yang sumbernya tidak diketahui.

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X