5 Kota dengan Tata Kota Terburuk di Dunia, Jakarta Urutan Pertama

- Minggu, 29 Agustus 2021 | 10:00 WIB
Sejumlah kendaraan berjalan tersendat akibat pengalihan arus pemberlakuan ganjil-genap di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Sejumlah kendaraan berjalan tersendat akibat pengalihan arus pemberlakuan ganjil-genap di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Platform Arsitektur Rethinking The Future merilis daftar kota di dunia dengan tata kota terburuk. Salah satu indikator yang membuat kota ini masuk dalam kategori tersebut adalah karena cacatnya perencanaan infrastruktur yang dimiliki.

Dari 5 negara yang tercatat, DKI Jakarta termasuk salah satunya dan bahkan menempati urutan pertama. Hal itu dikarenakan penduduknya yang sangat padat hingga menyebabkan ruang terbuka hijau kurang memadai. Kemacetan lalu lintas yang luar biasa juga tak terelakkan, ditambah dengan perluasan kota yang tak terencana. 


Berikut 4 kota lainnya yang termasuk dalam tata letak kota terburuk.

2. Dubai, Uni Emirat Arab.
Dubai masuk dalam kategori tersebut karena memiliki berbagai fasilitas dan gedung tinggi yang dibangun tanpa mempertimbangkan dimensi manusia, desain ruang dan tata letaknya yang tak mendukung pejalan kaki.

3. Brasília, Brasil.
Brasilia tercacat karena memiliki masalah dengan terlalu banyaknya desain saat merancang tata kota, namun gagal karena kurangnya koneksi dengan orang-orang yang tinggal di kota tersebut.

4. Atlanta, Georgia, AS.
Hampir sama dengan Jakarta, Atlanta memiliki kemacetan yang sangat mengerikan pada tahun 80-an akibat boomingnya penggunaan kendaraan pribadi.. Satu-satunya cara mengatasinya yakni membuat angkutan massal yang efektif, salah satunya kereta bawah tanah.

5. Sao Paulo, Brasil.
Kota ini disebut sebagai korban dari perencanaan tata letak yang tak merata. Untuk mengatasi masalah kemacetan, orang-orang kaya di kota ini memilih perjalanan dengan menggunakan helikopter.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X