MUI Sarankan Umat Islam Salat Idulfitri di Rumah Untuk Hindari Kerumunan

- Jumat, 23 April 2021 | 15:28 WIB
Sekjen MUI Amirsyah Tambunan alam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (23/4). (Antara/Prisca Triferna)
Sekjen MUI Amirsyah Tambunan alam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (23/4). (Antara/Prisca Triferna)

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan menyebutkan adanya potensi kerumunan saat pelaksanaan salat Idulfitri sehingga ibadah tersebut disarankan untuk dilakukan di rumah.

"Salat Idulfitri ini karena akan menimbulkan kerumunan, menimbulkan kelompok masyarakat yang berbondong-bondong menuju lapangan. Maka kita utamakan untuk, sekali lagi, salat di rumah saja bersama keluarga," kata dia melansir Antara, Jumat (23/4).

Terlebih lagi, kata dia, untuk masyarakat yang tinggal di daerah zona merah penyebaran Covid-19, maka salat Idulfitri di rumah bisa dilakukan sebagai bentuk pencegahan dan memutuskan penularan Covid-19.

"Ini akan lebih meningkatkan suasana yang hangat di tengah-tengah keluarga dan terhindar dari kerumunan di tengah-tengah masyarakat," kata dia.

Selain itu, terkait tradisi silaturahmi saat Idulfitri, disarankan untuk dengan memanfaatkan internet, yakni dilakukan secara virtual.

Sementara itu, Juru Bicara pemerintah untuk penanangan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito juga mendorong kedisiplinan dari semua pihak menjelang libur Idulfitri.

"Menjelang libur Idulfitri semoga semua bisa disiplin dan konsisten selama bulan Ramadan ini dan bisa bekerja dengan baik, tidak melakukan mudik karena berpotensi menularkan kasus dan menyebarkan kasus dari satu daerah ke daerah lain," jelas dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X