Lima Warga Palestina Ditembak Mati dalam Baku Tembak dengan Pasukan Israel di Tepi Barat

- Senin, 27 September 2021 | 11:36 WIB
Pemakaman warga Palestina yang dibunuh pasukan Israel. (REUTERS/Mohamad Torokman)
Pemakaman warga Palestina yang dibunuh pasukan Israel. (REUTERS/Mohamad Torokman)

Lima warga Palestina tewas akibat baku tembak ketika pasukan Israel melakukan serangkaian serangan terhadap tersangka militan Hamas di Tepi Barat.

Pertempuran pada hari Minggu (26/9/2021) merupakan kekerasan paling mematikan antara pasukan Israel dan militan Palestina di Tepi Barat dalam beberapa minggu.

Wilayah tersebut telah mengalami peningkatan pertempuran dalam beberapa bulan terakhir. Ketegangan dipicu oleh pembangunan pemukiman Israel, aktivitas militan yang meningkat di Tepi Barat utara serta perang antara Israel dan militan Hamas di Jalur Gaza pada bulan Mei.

Dilansir Guardian, militer Israel mengatakan telah melacak gerilyawan Hamas selama beberapa minggu dan serangan itu diluncurkan sebagai tanggapan atas ancaman langsung.

Perdana Menteri Israel, Naftali Bennett mengatakan para militan akan melakukan serangan secara real time. Dia juga memuji pasukan Israel karena bertindak seperti yang dia harapkan.

Baca juga: Kritik Indonesia soal Konflik di Gaza, Israel: Pemimpin Kalian Tak Jujur

Militer mengatakan pihaknya meluncurkan lima serangan serentak dan tentara melepaskan tembakan setelah ditembak di dua lokasi. Akibatnya, lima gerilyawan tewas dan beberapa lainnya ditangkap.

Mereka juga mengatakan seorang perwira dan tentara terluka parah.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan dua warga Palestina ditembak mati di dekat kota Jenin di Tepi Barat utara dan tiga lainnya tewas di Biddu, utara Yerusalem.

Hamas membenarkan bahwa empat orang tewas, termasuk ketiganya yang tewas di Biddu merupakan anggota kelompok militan Islam. Pejabat Palestina mengatakan bahwa seorang anak laki-laki berusia 16 tahun juga termasuk yang tewas.

Otoritas Palestina yang mengelola daerah semi-otonom di Tepi Barat, mengutuk pembunuhan itu dan mengatakan pemerintah Israel bertanggung jawab atas kejahatan yang dilakukan penduduknya.

Namun Hamas juga mengkritik Otoritas Palestina, yang menjaga koordinasi keamanan dengan Israel dalam perjuangan bersama melawan kelompok Islam tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X