Polda NTT Gencar Patroli Penerapan Prokes Selama PPKM level 4

- Selasa, 24 Agustus 2021 | 13:44 WIB
Patroli Prokes saat PPKM level 4 di Kupang. (ANTARA/Kornelis Kaha)
Patroli Prokes saat PPKM level 4 di Kupang. (ANTARA/Kornelis Kaha)

Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Lotharia Latif mengatakan bahwa kepolisian gencar melakukan patroli penerapan protokol kesehatan selama masa pandemi khususnya saat PPKM level 4.

"Kami tergabung dalam Satgas COVID-19 baik provinsi maupun kabupaten/kota untuk melakukan kegiatan patroli setiap hari. Selain itu patroli yang hanya melibatkan personel sendiri juga setiap hari dilakukan," katanya kepada ANTARA di Kupang, Selasa (24/08).

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan upaya dari Polda NTT dalam memastikan bahwa pemberlakuan PPKM level 4, 3 dan 2 berjalan efektif di provinsi berbasis kepulauan itu.

Komandan berbintang dua itu mengatakan bahwa sejauh ini patroli yang dilakukan terus-menerus baik oleh anggota Polri ataupun melibatkan satuan tugas lainnya dilakukan setiap hari dan sesuai prosedur.

Setelah dilakukan operasi atau patroli penerapan PPKM, satgas langsung menggelar evaluasi yang dilakukan setiap hari.

"Upaya-upaya seperti patroli itu hingga kini masih efektif, dan kita laksanakan peningkatan kesadaran masyarakat secara tegas dan tentu saja humanis," ujar dia.

Dalam pelaksanaan di lapangan ujar dia, masih ada beberapa orang yang ditemukan tidak menaati protokol kesehatan sehingga terpaksa dibubarkan.

Kegiatan seperti berkumpul bersama di tempat-tempat terbuka bahkan pesta-pesta masih ditemukan saat pelaksanaan patroli tersebut.

Namun ia mengatakan bahwa pelaksanaan pembubaran dilakukan dengan imbauan dan pengertian yang baik, sehingga masyarakat juga menyadari betapa pentingnya menaati protokol kesehatan.

Ia mengatakan, selama proses pelaksanaan atau penerapan PPKM Level 4, 3 dan 2 di NTT kasus-kasus COVID-19 mulai mengalami penurunan.

Kota Kupang misalnya yang sebelumnya masuk menjadi daerah zona merah kini sudah tidak lagi karena kasusnya semakin turun.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X