Pemerintah Didesak Segera Cari Solusi Stabilkan Harga Pokok Jelang Idul Adha

- Selasa, 5 Juli 2022 | 13:08 WIB
Pedagang melayani pembeli di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/Yulius Satria Wijaya)
Pedagang melayani pembeli di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/Yulius Satria Wijaya)

Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar mendesak pemerintah segera mencari solusi untuk menstabilkan harga pangan yang saat ini sedang melonjak naik menjelang Idul Adha.

“Saya kira pemerintah harus segera mencari formula dan solusi mengatasi kenaikan harga kebutuhan pokok, bagaimana menstabilkan harga-harga barang di pasar jelang Idul Adha ini,” ungkap Muhaimin kepada wartawan, Senin (4/7/2022).

Pria yang akrab disapa Cak Imin ini secara khusus menyoroti Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) yang dianggapnya perlu segera mencari solusi cepat mengatasi kenaikan harga-harga bahan pokok.

“Pak Menteri Perdagangan harus cepat mencari solusi, bagaimana tuntutan masyarakat yang meminta harga-harga barang dapat segera stabil itu juga realistis dan perlu segera diatasi,” harap dia.

BACA JUGA: Jelang Idul Adha, Menko Muhadjir Minta Kampus Ikut Tangani Wabah PMK

Lebih jauh  Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga mengingatkan peternak dan pembeli hewan kurban untuk betul-betul mewaspadai merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK), terlebih penyakit ini ada yang tidak bergejala.

“Penyakit mulut dan kuku ini harus diantisipasi betul. Apalagi ada yang tanpa gejala ya. Jadi jangan sampai niat ibadah kurban kita malah nanti membawa mudarat pada orang lain,” urai Cak Imin.

Di sisi lain, Cak Imin berpesan kepada pemerintah untuk mempercepat dan memperluas jangkauan vaksinasi PMK, terutama di daerah-daerah yang terdeteksi penyakit tersebut.

“Betul, vaksinasi PMK harus dipercepat dan diperluas untuk menekan penularan PMK. Ini juga akan menambah ketenangan di tengah masyarakat yang ingin berkurban dan akan mengonsumsi hewan kurban,” tukasnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X