Jalurnya Sempat Terdampak Longsor, KA Pangrango Beroperasi Lagi Hari Ini!

- Kamis, 16 Maret 2023 | 08:48 WIB
Ilustrasi Kereta Api. (Dok KAI)
Ilustrasi Kereta Api. (Dok KAI)

Sempat tak bisa beroperasi karena terdampak longsor di wilayah Bogor Paledang-Batu Tulis, Kereta Api (KA) Pangrango kembali beroperasi melayani penumpang pada hari ini, Kamis (16/3/2023).

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan bahwa setelah sejumlah upaya percepatan perbaikan jalur KA yang terdampak longsor di antara Bogor Paledang - Batu Tulis dilakukan tim prasarana PT.KAI Daop 1 bersama Ditjendka Kemenhub, KA Pangrango kembali beroperasi melayani penumpang.

Salah satu upaya yang difokuskan agar layanan KA Pangrango kembali normal yakni dengan melakukan sejumlah perkuatan konstruksi jalan rel khususnya pada jalur hilir yang tidak terdampak longsor.

"Sehingga setelah dilakukan uji coba dengan menjalankan lokomotif melewati lokasi beberapa kali dilakukan maka sejak Kamis dinihari jalur dinyatakan aman untuk operasional KA," kata Eva kepada Indozone, Kamis (16/3/2023).

Baca Juga: Perjalanan Kereta Bogor-Sukabumi Dibatalkan Imbas Longsor di Empang Kota Bogor

Adapun untuk Kamis 16 Maret 2023 dari total 6 perjalanan KA yang normalnya beroperasi setiap hari hanya 1 KA yang dibatalkan, yaitu KA 213 relasi Sukabumi - Bogor dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Sukabumi pukul 05.30 WIB. Sementara 5 perjalanan KA Pangrango lainnya kembali dapat beroperasi melayani penumpang. 

-
Petugas SAR Gabungan mencoba mengangkat puing longsoran. (Z Creators/Rafik Maeilana)

Dikatakan Eva, untuk calon penumpang pada KA Pangrango yang terdampak pembatalan yakni KA 213 relasi Sukabumi - Bogor dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Sukabumi pukul 05.30 WIB telah diberikan informasi melalui pesan singkat ke nomor kontak yang telah dicantumkan saat melakukan transaksi tiket. 

"Calon penumpang diarahkan untuk melakukan proses pembatalan tiket di Stasiun Bogor Paledang dan Sukabumi dengan penggantian bea tiket 100 persen. Proses pembatalan juga dapat dilakukan hingga 7 hari ke depan," tuturnya.

Baca Juga: Longsor di Empang Kota Bogor: 17 Warga Tertimbun dan 2 Orang Meninggal Dunia

Sementara untuk jalur hulu yang terdampak longsor dengan kondisi rel menggantung sepanjang 25 meter proses perbaikan saat ini masih proses dilakukan perbaikan dengan sejumlah tahapan pekerjaan sampai di nyatakan aman untuk operasional KA. 

"Upaya perbaikan jalur rel terdampak longsor dilakukan oleh seluruh tim prasarana Daop 1 Jakarta dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan," tukasnya.

Berikut daftar 5 KA Pangrango yang beroperasi melayani penumpang pada Kamis 16 Maret 2023 :

Keberangkatan Stasiun Bogor
- KA 216C jadwal keberangkatan pukul 08.20 WIB
- KA 218C jadwal keberangkatan pukul 14.20 WIB
- KA 214C jadwal keberangkatan pukul 19.50 WIB 

Keberangkatan Stasiun Sukabumi
- KA 215B jadwal keberangkatan pukul 11.25 WIB
- KA 217B jadwal keberangkatan pukul 17.25 WIB 

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X