Sering Disamain, Ternyata Ini 6 Perbedaan Katak dan Kodok

- Sabtu, 24 Agustus 2019 | 15:02 WIB
photo/Unsplash
photo/Unsplash

Katak dan kodok adalah dua hewan amfibi yang sering kita temui. Sebagian orang menganggap katak dan kodok itu sama. Jika dilihat sekilas, bentuk mereka memang terlihat mirip, tapi kamu harus tau kalau sebenarnya dua hewan ini berbeda loh.

Nah, dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Sabtu (24/8), berikut ini 6 perbedaan katak dan kodok yang masih jarang diketahui orang:

1. Telur

-
photo/environment.arlingtonva.us

Katak dan kodok sama-sama bertelur di air. Bedanya adalah susunan telurnya. Telur katak biasanya bergerombol menjadi satu seperti buah anggur, sementara telur kodok berjejeran membentuk rantai.

2. Bentuk Kaki

-
photo/animal-life.club

Kaki katak umumnya lebih panjang, ramping dan kuat karena digunakan untuk melompat dan memanjat. Sedangkan, kaki kodok lebih pendek, gemuk, dan tidak sekuat kaki katak karena kodok menggunakan kakinya untuk menggali dan berjalan. Kalaupun melompat, kodok tidak bisa melompat jauh seperti katak.

3. Habitat

-
photo/Unsplash

Katak lebih banyak hidup di dekat air dan menyukai lingkungan yang lembab seperti kolam, danau, atau sungai, sehingga kulitnya mulus dan licin. Beda dengan katak, kodok justru tinggal di lingkungan darat seperti sekitar rumah, kayu lapuk, di kebun atau hutan, termasuk di pepohonan.

4. Warna Kulit

-
photo/Joy of Animals

Umumnya, katak memiliki kulit halus, berlendir, dan cenderung lembap. Warna kulitnya lebih bervariasi, mulai hijau kuning, abu-abu hingga cokelat. Sedangkan, kodok berkulit kasar, berbintil-bintil, kering, dan biasanya berwarna cokelat.

5. Cara Bertahan dari Predator

-
photo/Unsplash

Meski sering disamain, nyatanya kedua hewan ini punya perbedaan untuk bertahan dari para pemangsa atau predator. Katak akan mengandalkan kulitnya, di mana ketika si predator memasukkan katak ke dalam mulutnya, maka si predator akan langsung memuntahkannya karena rasa yang tidak enak. Sedangkan, kodok akan mengeluarkan cairan beracun dan berbau dari punggung mereka. Cairan ini nantinya bisa menyakiti mata si predator.

6. Gerak dan Melompat

-
photo/Unsplash

Katak lebih mampu melompat ketimbang berjalan merangkak. Lompatannya bisa lebih panjang dari tubuhnya. Tapi kodok justru berbeda, dia lebih senang bergerak merangkak dan lompatannya bahkan lebih pendek dari panjang tubuhnya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X