UTBK SBMPTN Tahun 2020 Resmi Dibuka Pada 30 Maret

- Sabtu, 21 Desember 2019 | 16:56 WIB
Ilustrasi/Antara/Siswowidodo
Ilustrasi/Antara/Siswowidodo

Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan dibuka mulai 30 Maret 2020.

"Kami harus ingatkan jadwal UTBK ini lebih awal agar siswa atau calon mahasiswa tidak ketinggalan, karena UTBK jadi syarat mutlak sebagai bekal daftar SBMPTN," ujar Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Dr H Aminuddin Prahatama Putra di Banjarmasin, pada Sabtu (21/12).

Pendaftaran akan berlangsung hingga 11 April. Sebelum melakukan pendaftaran, peserta harus terlebih dahulu melakukan registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang dilaksanakan pada 7 Februari hingga 5 April 2020.

Sementara itu, untuk pelaksanaan jadwal ujiannya yaitu hanya satu minggu, mulai dari 20-26 April.

Adapun materi yang masuk dalam tes tersebut, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Potensi Akademik (TKA). Kelompok ujian dari UTBK terdiri atas tiga jenis yaitu Saintek (IPA), Soshum (IPS), dan campuran (IPC).

Peserta yang boleh mengikuti UTBK yaitu siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2020 atau peserta didik Paket C tahun 2020. Kemudian lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2018 atau 2019 atau lulusan paket C.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X