Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Ditangkap OTT KPK, Punya Harta Rp51 Miliar

- Sabtu, 27 Februari 2021 | 09:07 WIB
Gubernur Sulawesi Selatan ditangkap OTT KPK (Istimewa)
Gubernur Sulawesi Selatan ditangkap OTT KPK (Istimewa)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat (26/2/2021) malam menangkap Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah terkait dugaan kasus tindak pidana korupsi.

Sebuah koper berisi uang Rp1 miliar ikut diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dalam penangkapan tersebut.

Uang tersebut menjadi barang bukti terkait dugaan korupsi yang melibatkan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

Berdasarkan informasi, uang Rp1 miliar dalam koper beserta Nurdin Abdullah dan beberapa orang lainnya diamankan di Rumah Makan Nelayan Jalan Ali Malaka, Kota Makassar, Sulsel.

"Benar, Jumat (26/2) tengah malam, KPK melakukan tangkap tangan terhadap kepala daerah di Sulawesi Selatan terkait dugaan tindak pidana korupsi," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Sabtu (27/2/2021).

Namun, Ali tidak membeberkan lebih detail kasus apa yang menjerat Nurdin dan juga siapa saja pihak lain yang turut ditangkap.

"Informasi lebih lengkap kasusnya, siapa saja yang ditangkap dan barang bukti apa yang diamankan, saat ini belum bisa kami sampaikan," ucap Ali.

Tim KPK masih bekerja dan perkembangannya atas penangkapan tersebut akan diinformasikan lebih lanjut. Saat ini, Nurdin sudah dibawa dari Makassar menuju Gedung KPK, Jakarta untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Tim masih bekerja dan perkembangannya nanti akan kami sampaikan kepada rekan-rekan semua," kata dia.

Sesuai KUHAP, KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status dari pihak yang ditangkap tersebut.

Gubernur Nurdin Abdullah sendiri memiliki total kekayaan Rp51.356.362.656. Nurdin terakhir melaporkan kekayaannya pada 29 April 2020 dengan jabatan sebagai Gubernur Sulsel.

Data harta Nurdin terdiri dari 54 tanah senilai Rp49.368.901.028 yang tersebar di Kota Makassar, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Soppeng, dan Kabupaten Bantaeng.

Selanjutnya, Nurdin juga tercatat memiliki satu unit mobil Toyota Alphard senilai Rp300 juta.

Ia juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp271,3 juta, kas dan setara kas Rp267.411.628 serta harta lainnya senilai Rp1,15 miliar.

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X