Mesin Pesawat Rusak, Boeing 777 United Airlines ini Mendarat dengan Selamat

- Minggu, 21 Februari 2021 | 17:14 WIB
Pesawat United Airlines penerbangan UA328 mengalami kerusakan mesin dan kembali ke Denver International Airport, Colorado, AS, Sabtu (20/2/2021). (photo/REUTERS/Hayden Smith/@speedbird5280)
Pesawat United Airlines penerbangan UA328 mengalami kerusakan mesin dan kembali ke Denver International Airport, Colorado, AS, Sabtu (20/2/2021). (photo/REUTERS/Hayden Smith/@speedbird5280)

Sebuah pesawat United Airlines berhasil mendarat dengan selamat di Bandar Udara Internasional Denver pada Sabtu (20/2)  waktu setempat usai mengalami kerusakan mesin di bagian kanan pesawat.

Menurut laporan lembaga regulator penerbangan sipil Federal Aviation Administration (FAA), dengan gambar-gambar yang menunjukkan puing-puing pesawat menyebar di tanah.

Pesawat Boeing 777-200 itu membawa 231 penumpang dan 10 awak pesawat dengan tujuan ke Honolulu, Hawaii, saat mengalami kerusakan mesin tak lama setelah lepas landas.

Tak ada laporan terkait luka-luka, baik di dalam pesawat maupun di darat.

Baca juga: Selingkuh Selama Dua Tahun, Ternyata Nissa-Ayus Sudah Putus Nyambung Empat Kali

Dalam sebuah rekaman suara, seorang pilot maskapai United terdengar membuat panggilan ‘mayday’ ke kontrol lalu lintas udara.

“Mayday, pesawat telah mengalami kegagalan mesin, perlu memutar segera,” demikian rekaman yang ditinjau Reuters dari laman pantauan liveatc.net.

FAA mengatakan pihaknya, bersama dengan Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) akan meluncurkan investigasi. NTSB sendiri mengatakan telah memulai investigasinya.

“Jika anda menemukan pecahan (pesawat) MOHON tidak menyentuh atau memindahkannya. NTSB memerlukan semua bagian pecahan untuk tetap berada di tempatnya untuk investigasi,” kata kepolisian Broomfield melalui Twitter.

Unit pesawat 777 yang berusia 26 tahun itu digerakkan oleh dua mesih Pratt & Whitney PW4000. Para penyelidik akan fokus pada penyebab kecelakaan dan akan melihat apakah bolah kipas telah rusak.

Boeing mengatakan bahwa para penasihat teknisnya akan membantu NTSB dalam investigasi, sementara maskapai United berjanji akan “bekerja dengan agensi-agensi federal dalam menginvestigasi insiden ini.

United mengatakan kebanyakan penumpang pada penerbangan 328 telah berangkat dengan penerbangan baru ke Honolulu pada Sabtu malam.

Kegagalan mesin merupakan sesuatu yang jarang terjadi namun dapat menjadi berbahaya setiap kali bagian yang berputar menembus selubung luar - peristiwa yang dikenal sebagai kerusakan mesin yang tidak terkendali.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X