Banjir Melanda Sejumlah Gampong di Aceh Timur, 300 Warga Terpaksa Mengungsi

- Rabu, 20 Januari 2021 | 19:35 WIB
Warga menaiki sampan untuk mengungsi menyusul banjir yang melanda kampung mereka di Kecamatan Bandar Pusaka, Aceh Tamiang (Antara)
Warga menaiki sampan untuk mengungsi menyusul banjir yang melanda kampung mereka di Kecamatan Bandar Pusaka, Aceh Tamiang (Antara)

Banjir yang melanda sejumlah gampong atau desa di dua kecamatan di Kabupaten Aceh Timur memaksa ratusan warga mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Dilansir Antara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur Ashadi di Idi, ibu kota Aceh Timur, mengatakan jumlah pengungsi akibat banjir tersebut mencapai 300 jiwa.

"Banjir terjadi karena meluapnya sejumlah sungai menyusul hujan lebat di pedalaman Aceh. Ketinggian banjir yang merendam rumah penduduk mencapai satu meter," kata Ashadi, Rabu (20/1/2021).

Ashadi menyebutkan adapun titik pengungsi terjadi di Kecamatan Birem Bayeun meliputi Gampong Desa Alur Nyamuk dengan pengungsi 45 jiwa, Gampong Paya Bili Satu mencapai 40 pengungsi.

Kemudian pengungsi di Kecamatan Simpang Jernih terdiri 120 jiwa di Gampong Pante Kera dan di Kecamatan Rantau Panjang tercatat 95 jiwa terpaksa mengungsi.

"Pengungsi di dua desa di daerah pedalaman lainnya seperti di Gampong Paya Bili Dua dan Gampong Batu Sumbang masih dalam pendataan," kata Ashadi.

Sedangkan untuk pengungsi di Simpang Jernih, kata Ashadi, pihaknya sudah meminta pihak kecamatan segera menyediakan logistik dan dapur umum untuk masyarakat terdampak banjir.

"Tim satuan tugas terus memantau perkembangan banjir di pedalaman Aceh Timur tersebut. Kami juga mengingatkan masyarakat waspada, apalagi kondisi banjir air terus meluas," kata Ashadi.

Artikel menarik lainnya: 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X