Presiden Jokowi Perintahkan Jajarannya Segera Salurkan Stimulus Ekonomi ke Pelaku UMKM

- Senin, 29 Juni 2020 | 11:02 WIB
Presiden Jokowi. (instagram/@jokowi)
Presiden Jokowi. (instagram/@jokowi)

Presiden Jokowi meminta jajarannya untuk segera menyalurkan stimulus ekonomi, guna membantu pelaku usaha mikro dan kecil (UMKM) di tengah pandemi corona.

"Segera stimulus ekonomi bisa masuk ke usaha kecil, usaha mikro. Mereka nunggu semuanya," tutur Jokowi di hadapan para menteri dan kepala lembaga dalam sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta pada Kamis (18/6/2020).

Namun, video pidato Presiden Jokowi itu baru dirilis pihak Istana pada Minggu (28/6/2020). Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengingatkan jajarannya, agar segera membantu pelaku UMKM sebelum mereka bangkrut.

-
Presiden Jokowi. (ANTARA/Bayu Prasetyo)

"Jangan biarakan mereka mati dulu baru kita bantu, enggak ada artinya," tegas Presiden Jokowi.

Ia juga menyebut, stimulus seharusnya segera disalurkan kepada pelaku usaha menengah, besar dan semua yang berkaitan dengan kegiatan perekonomian. Mulai dari sektor manufaktur, industri sampai padat karya.

Tujuan penyaluran tersebut agar para pengusaha tidak memecat atau merumahkan karyawannya.

"Beri prioritas pada mereka supaya enggak ada PHK. Jangan sudah PHK gede-gedean, duit serupiah pun belum masuk ke stimulus ekonomi kita," jelasnya.

Presiden meminta agar jajarannya melakukan langkah luar biasa, dalam menghadapi pandemi yang melanda saat ini dengan tidak terbentur peraturan yang ada.

Jika diperlukan, Presiden Jokowi siap untuk merilis peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu).

"Saya pertaruhkan reputasi politik saya," sambungnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X