Jokowi Larang Mudik, Produsen Mobil Tiadakan Posko Mudik

- Selasa, 21 April 2020 | 16:44 WIB
Ilustrasi posko mudik Toyota di rest area. (Dok. Toyota)
Ilustrasi posko mudik Toyota di rest area. (Dok. Toyota)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan larangan untuk mudik pada libur Labaran tahun 2020 berkaitan dengan pandemi virus corona (Covid-19) yang saat ini melanda Indonesia. Hal ini sebagai langkah pemerintah untuk menekan angka penyebaran virus tersebut.

Berkaitan dengan kebijakan ini, Agen Pemegang Merek (APM) seperti Toyota Astra Motor (TAM) dan Honda Prospect Motor yang biasanya menyediakan posko mudik di berbagai titik rest area akan menyesuaikan dengan peraturan pemerintah yang telah disampaikan.

Marketing Director TAM, Anton Jimmy Suwandi mengatakan Toyota akan mengikuti arahan pemerintah dengan tidak menyiapkan posko mudik di titik-titik rest area yang biasa mereka sediakan di tahun sebelumnya untuk mengurangi aktivitas masyarakat.

"Posko mudik Toyota tidak kita siapkan kali ini. Hanya workshop siaga yang disiapkan, kalau ada kebutuhan dari konsumen untuk layanan perawatan atau yang berhubungan dengan purna jual. Intinya kita ikut arahan pemerintah," kata Anton Jimmy pada Indozone, Selasa (21/4/2020).

Sementara itu, pihak General Manager Honda Prospect Motor (HPM) Denny menyebutkan sejauh ini mereka sudah punya rencana untuk menyiapkan posko mudik untuk masyarakat. Namun, mereka tetap mengikuti perkembangan kondisinya.

"Kita tetap menyiapkan emergency service di road side dan dealer side. Sebenarnya kita sudah punya rencana, tapi masih lihat kondisi. Kalau memungkinkan kita akan melakuukan standby dan siap untuk jalan. Untuk posko mudik juga kita lihat dulu kondisinya sesuai dengan instruksi pemerintah," ujar Denny.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X