Kala Menteri Nadiem Salah Jawab Soal Matematika '1 + 1 x 0', Ini Jawaban yang Benar

- Selasa, 30 Maret 2021 | 11:10 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Mendikbud Nadiem Makarim (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Menteri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim membahas sejumlah hal dengan influencer Jerome Polin dalam Live Instagram, Senin (29/3/2021) malam.

Dalam Live tersebut, Jerome Polin mengaku bahwa dia bercita-cita menjadi Menteri Pendidikan Indonesia. Untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia, menurut Jerome ada tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu pemerataan pendidikan, kesejahteraan guru, dan perbaikan kurikulum.

Jerome menambahkan bahwa pendidikan moral dan berpikir kritis juga harus diperkuat sejak dini. Hal ini diamini oleh Mendikbud Nadiem Makarim.

Dia setuju bahwa metode tes menghafal materi tak akan menciptakan generasi inovatif dan kritis.

“Karena generasinya biasa menerima info mentah-mentah, ujung-ujungnya kemakan hoaks. Anak-anak harus terbiasa debat, buat essay, untuk melatih pemikiran logis dan beropini. Anak-anak harus jadi partisipator dan co-creator dari pendidikan mereka,” kata Nadiem.

Guru juga harus proaktif mengubah pola pikir. Jangan langsung memarahi murid yang berargumen menentang opini guru dan dianggap tidak sopan.

“Program revolusi pendidikan bermula dan berakhir dengan guru, bagaimana kita mau ciptakan murid yang berani inovasi kalau gurunya enggak berani,” kata dia.

Setelah berbincang banyak hal, Nadiem dan Jerome bermain berbagai tebak-tebakan. Mulai dari perbandingan istilah zaman dulu vs zaman sekarang, hingga soal matematika.

Jerome bertanya kepada Nadiem hasil dari soal 1 + 1 x 0.

"Mas Menteri tolong jawab dengan cepat ya mas, 1 + 1 x 0," tanya Jerome.

"nol (0)," jawab Nadiem.

Jerome pun kembali mengulangi pertanyaannya, dan barulah Nadiem sadar bahwa jawabannya salah.

"Harusnya satu ya, aduh. Jadi satu sama nol nya duluan, baru nol ditambah satu jadi satu. Tricky banget sih," kata Nadiem.

Dalam peraturan aritmatika, jika tidak ada tanda kurung dalam soal, operasi perkalian atau pembagian harus dikerjakan lebih dahulu dengan urutan dari kiri ke kanan.

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X