Menteri Luhut Berharap China Bangun Rumah Sakit Internasional di Indonesia

- Kamis, 14 Januari 2021 | 10:49 WIB
Menteri Luhut dan Menlu China, Wang Yi (Instagram/luhut.pandjaitan)
Menteri Luhut dan Menlu China, Wang Yi (Instagram/luhut.pandjaitan)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan berkata tidak menutup kemungkinan China bisa membuka rumah sakit internasional di Indonesia.

Tujuannya adalah agar tercipta kerja sama yang lebih mumpuni antara rumah sakit, pertukaran dokter dan tenaga kesehatan, serta kolaborasi riset dan teknologi antarnegara.

Luhut juga mengundang perguruan tinggi dari China agar menjalin kerjasama riset di bidang herbal. Lahan seluas 500ha sudah disiapkan di daerah Humbang Hasundutan sebagai pusat herbal dan hortikultura.

"Bukan tanpa alasan, wilayah ini dibangun karena Indonesia memiliki potensi tanaman obat herbal yang besar dan setiap tahunnya, 40 persen penduduk mengandalkan obat herbal untuk menjaga kesehatannya," ungkap Luhut, dikutip dari siaran pers, Kamis (14/1/2021).

Nantinya, di lokasi itu akan dibangun kawasan demo pertanian, kantor, tempat tinggal, guest house, laboratorium, dan ladang pengumpulan plasma nutfah.

"Indonesia memiliki sumber daya yang kaya. Diharapkan RI dapat memperluas pasar produknya di China, termasuk akses bagi produk sarang burung walet, perikanan, buah tropis, dan batu bara," tutur Luhut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X