Nigeria Umumkan Penyakit Misterius yang Tewaskan 15 Orang

- Selasa, 11 Februari 2020 | 20:32 WIB
Dokter sedang memeriksa salah seorang anak. (Photo/UNICEF/UNI279448/Modola)
Dokter sedang memeriksa salah seorang anak. (Photo/UNICEF/UNI279448/Modola)

Ditengah merebaknya virus korona yang telah menewaskan ratusan orang, kini Nigeria mengumumkan adanya penyakit "epidemic aneh" yang disebut telah menewaskan 15 orang.

Terkait penyakit tersebut, Kementerian Kesehatan Nigeria telah membentuk tim ahli untuk menyelidiki apa penyebab munculnya penyakit itu.

-
(UNICEF/UNI279435/Modola)

Seperit yang dikutip melalui The Independent, penyakit aneh itu diduga setidaknya telah menginfeksi 104 orang. Menteri Kesehatan Osagie Ehanire menyebut penyakit misterius ini tampaknya bukan virus ebola, atau virus korona.

"Untuk sekarang, investigasi medis belum mendeteksi penyebab pastinya. Tapi ada indikasi kecurigaan senyawa kimia yang biasa dipakai untuk menangkap ikan di daerah yang terpengaruh bisa jadi penyebab. Hanya saja masalah ini akan dibahas bila sudah keluar hasil investigasi lebih jauh," kata Ehanire seperti dikutip dari The Guardian Nigeria, Selasa (11/2/2020).

-
(UNICEF/UNI279441/Modola)

Dari laporan pemerintah Nigeria, penyakit itu muncul pertama kali di negara bagian Benue pada tanggal 29 januari lalu. Ciri pada orang yang terinfeksi penyakit ini punya ciri khas kakinya membengkak, muntah-muntah, dan diare.

Dari apa yang disampaikan oleh senator Nigeria yang mewakili Benue, Abba Moro, sampai saat ini beberapa pasien meninggal hanya dalam waktu 48 jam.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X