Perayaan Hari Anak di Berbagai Negara

- Selasa, 23 Juli 2019 | 12:18 WIB
Pexels/samer daboul
Pexels/samer daboul

Hari ini Indonesia memperingati Hari Anak Nasional (HAN), sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984. HAN diperingati setiap tanggal 23 Juli.

Sejarah hari anak nasional berawal dari gagasan mantan Presiden Republik Indonesia ke-2 Soeharto yang melihat anak sebagai penerus orangtua dan aset kemajuan bangsa.

Di Indonesia sendiri, tidak ada perayaan khusus dalam merayakan hari anak nasional. Namun di beberapa negara di dunia, hari anak diperingati dengan perayaan yang meriah. Berikut beberapa negara yang merayakan hari anak.

Brasil

Hari anak nasional di Brasil diperingati setiap tanggal 12 Oktober tiap tahunnya. Negara yang terkenal dengan 'Karnaval Rio de Janerio' merupakan negara pertama yang merayakan hari anak nasional, sejak tahun 1920.

Di Brasil peringatan hari anak dijadikan hari libur nasional dan anak-anak disana akan menerima hadiah dari keluarga mereka sebagai bukti keluarga mencintai mereka sepenuhnya.

 

Mexico

Di Negara Mexico, Hari Anak jatuh setiap tanggal 30 April. Anak-anak di negara ini akan dibebaskan untuk bersenang-senang. Mereka akan diajak piknik dan diberi hadiah pada hari itu.

 

India

Negara yang terkenal dengan Taj Mahal nya ini merayakan hari anak setiap tanggal 14 November, bertepatan dengan ulang tahun Perdana Menteri pertama India Jawaharlal Nehru.

Di India, perayaan hari anak diadakan dengan cara menonton festival anak dan melakukan berbagai pertunjukan di setiap sekolah yang ada.

 

Turki

Hari Anak di Turki diperingati setiap tanggal 23 April, pada hari itu seluruh anak akan mengenakan busana tradisional Turki. Dan yang uniknya, mereka akan menggantikan anggota parlemen dan diberi kesempatan untuk menjadi pejabat negara, anak-anak tersebut juga akan membahas berbagai isu anak pada hari itu.

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X