Fakta Taruna Senior PIP Bunuh Junior, Sempat Rekayasa Kasus, Pakai Peci Saat Ditangkap

- Jumat, 10 September 2021 | 15:44 WIB
Penganiayaan taruna Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (Istimewa/Antara)
Penganiayaan taruna Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (Istimewa/Antara)

Penganiayaan dari senior hingga menewaskan juniornya kembali terjadi. Lima taruna Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menganiaya junior mereka yang bernama Zidan Muhammad Faza (21) hingga tewas.

Berikut sejumlah fakta mengenai penganiayaan taruna PIP yang dirangkum Indozone.

1. Pelaku sempat rekayasa laporan

Penganiayaan terungkap setelah polisi menemukan kejanggalan dalam laporan awal penyebab kejadian itu.

"Jadi penyidik menemukan keganjilan saat menghimpun keterangan pada laporan awal kejadian itu," kata Kapolrestabes Semarang Kombes Pol. Irwan Anwar, Jumat (10/9/2021).

Pelaku yang bernama Caesar Richardo Bintang Samudra Tampubolon itu awalnya mengatakan Zidan tewas karena kecelakaan lalu lintas.

Caesar bersenggolan dengan Zidan di jalan dan akhirnya memukul korban. Zidan lalu jatuh tersungkur dan meninggal dunia saat dibawa ke rumah sakit.

Namun, dalam penyidikannya, polisi menemukan sejumlah kejanggalan berdasarkan bukti dan keterangan dari para saksi.

Kejanggalan tersebut salah satunya adalah pengakuan warga di sekitar TKP kecelakaan yang mengatakan tidak pernah ada peristiwa kecelakaan.

-
Lima taruna PIP Semarang tersangka penganiayaan yang menewaskan taruna junior (ANTARA/ I.C.Senjaya)

“Saat menerima laporan, yang bersangkutan atau Caesar ini ingin menanggung semua akibatnya. Sehingga dibuat cerita terjadi senggolan,” kata Anwar.

Polisi juga mendapati rekaman CCTV rumah sakit yang menunjukkan bahwa korban dibawa oleh banyak rekannya untuk mendapatkan perawatan.

Akhirnya, terkuak ternyata korban dianiaya oleh lima seniornya di Politeknik Ilmu Pelayaran saat berada di luar lingkungan kampus. 5 senior tersebut bergantian menganiaya 15 juniornya.

Zidan awalnya masih kuat menahan pukulan. Namun, akhirnya dia tumbang saat dipukul oleh seniornya yang bernama Caesar Richardo Bintang Samudra.

Baca juga: Ternyata Ada 15 Taruna PIP Semarang yang Dianiaya Seniornya di Luar Kampus

"Tradisi budayanya kan uji fisik, jadi satu per satu junior dipukul. Korban awalnya kuat saat seniornya mukul satu per satu. Tapi begitu terakhir oleh seniornya yang bernama Caesar, korban roboh jatuh dan tak sadarkan diri," ujarnya.

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X