Banjir Hingga Longsor di India Akibat Hujan Deras, 18 Tewas dan Puluhan Orang Hilang

- Jumat, 23 Juli 2021 | 17:59 WIB
   Banjir dan longsor di Maharastra, India. (photo/Twitter)
Banjir dan longsor di Maharastra, India. (photo/Twitter)

18 orang telah tewas di negara bagian Maharastra, India, setelah hujan muson deras menyebabkan longsor dan banjir yang merendam kawasan rendah dan merusak ratusan desa, kata otoritas setempat pada Jumat (23/7).

Sungai-sungai di Maharastra meluap setelah pemerintah melepas air dari bendungan yang penuh, setelah banyak wilayah di pesisir barat diguyur hujan dengan curah air lebih dari 200 mm selama 24 jam dan beberapa wilayah lain menerima curah hujan setinggi 594 mm.

Empat orang tewas setelah sebuah bangunan runtuh di pusat keuangan Mumbai, dan 14 lainnya kehilangan nyawa dalam empat bencana longsor di bagian lain Maharashtra, kata pejabat pemerintah setempat.

"Operasi penyelamatan tengah berlangsung di berbagai tempat di Satara, Raigad dan Ratnagiri. Karena hujan deras dan sungai meluap, kami berusaha keras mengerahkan alat-alat penyelamatan segera," kata pejabat yang menolak disebut namanya dikutip dari REUTERS.

Baca juga: Astaga! Bukannya Memberantas, Seorang Anggota Polisi di Bengkulu Malah Pakai dan Jual Sabu

Puluhan orang dikhawatirkan terjebak dalam longsor di distrik Satara dan Raigad, kata dia.

Di distrik-distrik pesisir, angkatan laut dan angkatan darat India telah membantu operasi penyelamatan, kata menteri kepala Maharashtra Uddhav Thackeray.

Ribuan truk tertahan di jalan raya nasional yang menghubungkan Mumbai dengan pusat teknologi Bengaluru di selatan. Jalan-jalan di sana terendam air, kata pejabat Maharashtra lainnya.

Ratusan desa dan puluhan kota kecil di wilayah-wilayah terdampak di Maharashtra tidak mendapatkan listrik dan air bersih, kata dia.

Di negara bagian Karnataka dan Telangana, beberapa sungai juga meluap, dan pihak berwenang tengah memonitor situasi, kata pejabat pemerintah.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB

Fotokopi KTP Tidak Berlaku Lagi, Ini Penggantinya

Sabtu, 16 Maret 2024 | 18:05 WIB
X