Viral Harimau Sumatera Berkeliaran di Jalan Raya, Begini Tanggapan BKSDA

- Senin, 16 Mei 2022 | 02:01 WIB
Ilustrasi harimau. (Freepik/Wirestock)
Ilustrasi harimau. (Freepik/Wirestock)

Viral video memperlihatkan seekor harimau berkeliaran di jalan raya provinsi antara Kabupaten Lebong dengan Bengkulu Utara. Menanggapi hal itu, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu-Lampung meragukan keaslian video penampakan harimau sumatera tersebut. 

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Bengkulu-Lampung, Said Jauhari saat dihubungi di kantornya yang berada di Rejang Lebong, Jumat (13/5/2022), mengatakan video tersebut sama persis dengan kejadian pada  20 Februari 2022 lalu. Ia pun menduga video tersebut merupakan daur ulang dari video lama di kawasan Hutan Lindung Bukit Daun wilayah Bukit Resam, dengan di isi suara serta teks.

"Kalau yang asli videonya lama tidak ada menyebut gaes-gaes pula. Kalau ada ahli IT ini bisa di uji keaslian video tersebut, kalau posting hoax bisa dikenakan pidana," kata dia mengutip Antara, Minggu (15/5/2022).

Dia menjelaskan,keraguan ini lantaran video anyar tersebut hampir sama dengan video sebelumnya dan tidak menyebutkan kapan waktunya.

Baca juga: Fakta Sosok Serbaputih di Rumah Ortu Pasutri yang Bikin Anaknya Ketakutan, Ternyata Begini

Pada video yang beredar ini, kata dia, harimaunya yang nampak tidak jelas dan hanya berdiri di pinggir jalan seperti foto dan diambil kembali gambarnya di lokasi yang sama sehingga harus diteliti kebenarannya.

Sejauh ini pihaknya belum menerima informasi di lapangan jika ada kejadian berulang. Meski demikian, jajarannya dari KPHL Resort Bukit Daun di Danau Tes Lebong tetap mencari informasi kebenarannya kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Padang Bano, karena hanya heboh di dunia maya saja.

"Saya juga belum ada info kebenarannya di lapangan, teman-teman masih cari info di lapangan karena yang diposting itu tidak menyebutkan tanggal dan harinya kapan," demikian Said Jauhari.

Video kemunculan harimau sumatera di perbatasan antara Kabupaten Bengkulu Utara dan Lebong dengan durasi 50 detik ini viral di media sosial Facebook aplikasi berbagi pesan WhatsApp setelah diunggah oleh warga.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X