KPK Buka Peluang Periksa Anies Terkait Kasus Dugaan Korupsi Formula E

- Kamis, 24 Maret 2022 | 11:33 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka peluang untuk memanggil dan meminta keterangan dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan terkait proses penyelidikan kasus dugaan korupsi Formula E.

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengatakan bahwa pemanggilan Anies nantinya akan dilakukan sesuai kebutuhan data dan indormasi dari pihak penyidik. Namun, ia tidak bisa memastikan kapan pemanggilan itu dibutuhkan.

"Dalam proses pengumpulan bahan keterangan tentu tim penyelidik lebih memahami informasi dan data apa yang dibutuhkan," ucapnya kepada awak media, Kamis (24/3/2022).

"Termasuk tentu siapa saja pihak yang dipanggil dan dibutuhkan keterangannya," tambah Ali.

Baca Juga: Singgung Transparansi, Ketua DPRD DKI Minta KPK Periksa Anies Terkait Formula E

Pada prinsipnya, Ali menjelaskan kalau siapapun yang akan dipanggil oleh KPK untuk dimintai keterangan dan klarifikasi adalah dengan tujuan pengumpulan bahan keterangan yang terus digali.

"Kami berharap para pihak yang dipanggil dapat koperatif hadir dan dapat menyampaikan data informasi yang diketahuinya terkait kasus ini di depan tim penyelidik," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk diperiksa terkait dugaan korupsi Formula E

Ia melayangkan permintaan tersebut karena Anies tak kunjung dipanggil. Hal itu diungkapkan Prasetyo setelah diperiksa oleh KPK untuk memberikan keterangan soal dugaan korupsi ajang balap bertenaga listrik. 

Politisi PDI Perjuangan ini menyebutkan penyelidikan terhadap Anies perlu dilakukan guna mengutamakan transparansi dan akuntabilitas terhadap anggaran Formula E. 

"Saya mengimbau KPK untuk transparan dan akuntabel untuk pemeriksaan Formula E ini," ucap Prasetyo, Selasa (22/3/2022). 

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X