Komisi II DPR Minta Fasilitas Isoman di Hotel Dibatalkan karena Bikin Sakit Hati Rakyat

- Kamis, 29 Juli 2021 | 15:05 WIB
Karyawan merapikan kamar di Hotel Santika Premiere Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (7/7). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Karyawan merapikan kamar di Hotel Santika Premiere Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (7/7). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Anggota Komisi II DPR RI Yanuar Prihatin meminta keputusan Sekjen DPR yang menyediakan fasilitas isolasi mandiri (isoman) di hotel bagi anggota DPR yang terpapar Covid-19 dibatalkan saja. Dia menilai keputusan tersebut sangat menyakiti hati rakyat Indonesia.

"Di tengah berbagai kesulitan yang dihadapi masyarakat, rencana semacam ini sungguh menyakiti hati rakyat," ujar Yanuar dalam keterangan resminya, Kamis (29/7).

Yanuar mengatakan masyarakat saja mengalami kesulitan mendapatkan akses pelayanan kesehatan jika terpapar Covid-19. Mulai dari harus mengantre di rumah sakit, itu pun belum tentu mendapatkan kamar jika ingin isolasi.

"Coba rasakan situasi darurat semacam ini, bagi masyarakat bawah yang terpapar Covid-19 situasi mereka pasti lebih sulit lagi. Obat-obatan gratis yang disiapkan pemerintah belum tentu menjangkau mereka sepenuhnya," kata dia.

Menurut Yanuar, menyediakan fasilitas isoman di hotel merupakan keputusan yang agak memalukan. Sebab, anggota DPR sebenarnya mampu mengurus dirinya sendiri jika terpapar Covid-19.

Untuk itu, apabila ada anggaran khusus untuk fasilitas isoman di hotel, lebih baik disalurkan untuk kebutuhan masyarakat.

Sebelumnya, Sekretariat Jenderal DPR RI menerbitkan surat edaran bernomor SJ/09596/SETJEN DPR RI/DA/07/2021 yang berisi informasi terkait penyediaan fasilitas isolasi mandiri bagi anggota DPR yang terpapar positif Covid-19 tanpa gejala (OTG) maupun gejala ringan.

Fasilitas karantina/isolasi mandiri tersebut diperuntukkan bagi Anggota DPR RI, staf dan ASN di lingkungan DPR yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Fasilitas isoman tersebut disediakan di dua hotel bintang tiga di Jakarta yaitu Hotel Ibis di Jalan Daan Mogot dan Hotel Oasis di Jalan Senen Raya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X