Alasan Roy Suryo Laporkan Pengunggah Pertama Meme Stupa Borobudur ke Polda Metro

- Jumat, 17 Juni 2022 | 14:25 WIB
Roy Suryo (tengah), Pitra Romadoni (kiri) di Mapolda Metro Jaya, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).
Roy Suryo (tengah), Pitra Romadoni (kiri) di Mapolda Metro Jaya, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).

Usai memancing kontroversi karena mengunggah foto editan stupa Borobudur mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi), Roy Suryo buka suara hingga meminta maaf. Tak hanya itu, Roy juga melaporkan pengunggah pertama meme tersebut.

Laporan itu sendiri dibuat oleh kuasa hukum Roy Suryo, Pitra Romadoni berdasarkan surat kuasa dari Roy. Laporan polisi itu teregister dengan nomor STTLP/B/2970/VI/2022/SPKT/Polda Metro Jaya.

"Hari ini kami selaku tim penasihat hukum Bapak Roy Suryo membuat laporan polisi terkait meme stupa Candi Borobudur yg telah beredar di medsos dan media pers," kata Pitra kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Laporan polisi ini dibuat karena adanya penggiringan opini yang merugikan Roy Suryo. Padahal, Pitra menyebut kliennya tidak memiliki niat jelek terhadap golongan tertentu.

"Kenapa kami laporkan? Karena ada penggiringan opini Bapak Roy Suryo. Padahal disini tidak ada niatan buruk Bapak Roy Suryo untuk menghina atau membenci golongan manapun," beber Pitra.

Dalam kesempatan yang sama Roy Suryo menyampaikan permintaan maafnya kepada masyarakat yang merasa dirugikan dan membuat suasana menjadi gaduh. Dia juga menyebut memposting foto itu karena dirinya lebih dulu di mention oleh netizen.

Baca Juga: Permintaan Maaf Roy Suryo Usai Ikut Posting Meme Stupa Borobudur

"Kenapa saya berkomentar? Karena saya dimention, saya kemudian menjawab mention ini dengan kata-kata yang menghaluskan. Saya tidak mengkritik dengan gambar, saya kritik dengan kata-kata. Memang saya menampilkan kembali gambar ini karena dia memberikan gambar ini. Saya tidak melakukan perubahan dalam gambar ini," kata Roy.

Selain dirinya, Roy menyebut meme itu sudah tersebar di media sosial hingga media online jauh sebelum dirinya memposting meme tersebut. Karena adanya provokasi-provokasi, Roy memilih menghapus postingan tersebut dan membuat laporan ke Polda Metro Jaya serta berniat membantu polisi untuk mencari pengedit atau pemosting pertama meme tersebut.

"Saya menawarkan diri ke kepoksian untuk membantu, URLnya, linknya jadi tidak susah-susah untuk mencari editor atau uploader pertamanya, saya sudah simpan. Maka dengan pertanggungjawaban saya sekaligus  maka saya bantu pihak kepolisian, masyarakat khususnya umat budha untuk mendapatkan keterangan sebenar-benarnya," beber Roy.

Seperti diketahui, tengah viral meme stupa Borobudur mirip Presiden Jokowi di media sosial. Pakar telematika sekaligus eks Menpora, Roy Suryo sempat ikut meramaikan viralnya meme tersebut dengan mengkritik kenaikan harga tiket Candi Borobudur.

Akibat hal ini, Roy Suryo bahkan ingin dilaporkan ke kantor polisi. Roy hendak dilaporkan ke Polda Metro Jaya besok.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X