Ribuan Orang Ikut Karnaval di Sulawesi, ke Salon dari Subuh Sampai Keluarin Kocek Jutaan!

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:21 WIB
Karnaval HUT Kemerdekaan Indonesia berlangsung meriah (Rudi Hartono/Z Creators)
Karnaval HUT Kemerdekaan Indonesia berlangsung meriah (Rudi Hartono/Z Creators)

Menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini beragam kegiatan meriah sudah digelar di sejumlah daerah di Indonesia sejak awal Agustus. Salah satunya di Kecamatan Panca Rijang, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan. Mulai dari gerak jalan hingga karnaval.

Karnaval untuk  tingkat sekolah dasar digelar di lapangan desa dengan diikuti puluhan sekolah dengan ribuan peserta karnaval. Para peserta tampil cantik dengan busana daerah hingga gaun pengantin.

-
Ribuan siswa SD ikut karnaval kemerdekaan (Rudi Hartono/Z Creators)

Di balik penampilan anggun dan cantik peserta karnaval, ternyata ada beberapa kisah unik dari sejumlah orang tua yang mempersiapkan putra putrinya untuk kegiatan karnaval.

"Anak saya itu saya bawa ke salon setelah salat subuh, saat dimake up itu bahkan sempat tertidur. Soalnya kalau telat ke salon antrenya bisa lama,” terang Noni, salah satu orang tua peserta karnaval.

-
Siswa pakai kostum unik dan meriah (Rudi Hartono/Z Creators)

Untuk tampil pada karnaval sejumlah orang tua berusaha membuat buah hatinya tampil cantik. Mereka bahkan enggan segan mengeluarkan dana ratusan ribu hingga jutaan Rupiah untuk menyewa pakaian karnaval.

"Totalnya sih kira-kira Rp1,3 juta yah, untuk make up itu Rp500 ribu dan sewa pakaiannya Rp800 ribu. Kalau perempuan memang lebih ribet, beda kalau laki-laki cuma sewa baju saja, enggak perlu make up,” lanjut Noni.

-
Ada yang menggunakan pakaian pengantin (Rudi Hartono/Z Creators)

Karnaval tingkat sekolah dasar ini juga menjadi tontonan gratis yang menghibur bagi warga. Mereka bahkan rela menunggu berjam-jam di pinggir jalan menunggu rombongan karnaval ini melintas di depan rumahnya.

"Saya itu mulai dari menyiapkan perlengkapannya sampai ikut jalan kaki menemani di sampingnya karena dia tidak mau ikut karnaval kalau tidak ada mamanya yang ikut,” pungkas Noni.

Di Kabupaten Sidenreng Rappang, kegiatan Agustusan ini memang berlangsung selama sebulan penuh. Beragam lomba digelar demi menyemarakkan Hari Kemerdekaan.

Bagimana dengan daerah kalian?

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X